DCSIMG

How To Be Happy

Clear Air Turbulence, Jenis yang Tak Terdeteksi

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Kamu tentu masih ingat dengan peristiwa minggu lalu, saat dua pesawat mengalami guncangan hebat di udara hingga menyebabkan beberapa penumpang luka-luka? Guncangan itu disebut dengan Clear Air Turbulence (CAT).

shutterstock_350492108Pesawat Etihad Airways yang membawa rombongan umrah mengalami guncangan hebat saat akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Peristiwa tersebut terjadi ketika pesawat berada di atas wilayah Sumatera bagian selatan. Nggak lama, pesawat Hong Kong Airlines pun mengalami hal serupa saat lepas landas dari Bandara Ngurah Rai, Bali. Peristiwa ini membuat pilot memutuskan untuk kembali ke Bandara Ngurah Rai. Belasan penumpang cedera, bahkan ada yang sampai mengalami patah tulang.

Pesawat Etihad mengalami turbulensi saat memasuki ruangan udara dengan tekanan berbeda. Perbedaan tekanan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja perpindahan udara dari lokasi bersuhu panas ke dingin atau adanya aliran udara dengan kecepatan berbeda. Dilihat dari jenisnya, turbulensi yang dialami oleh pesawat Etihad termasuk dalam kategori CAT (atau turbulensi cuaca cerah). Turbulensi jenis ini sulit dideteksi secara visual maupun oleh radar cuaca. Biasanya, CAT kerap terjadi di area Tropopause, ruang udara antara Troposphere dan Stratosphere yang berada di ketinggian antara 23.000—39.000 kaki (7.000—12.000 m di atas permukaan laut).

Sedangkan pada Hong Kong Airlines, selain CAT, awan commulus nimbus juga berperan dalam terjadinya turbulensi. Menurut Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG, Hary Tirto Djatmiko, faktor peralihan musim dan cuaca di Indonesia menjadi salah satu penyebab terjadinya turbulensi ini. CAT bisa terjadi kapan pun dan di mana pun, nggak hanya di wilayah Indonesia. Karena itu, untuk meminimalisasi risiko, para penumpang disarankan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman selama penerbangan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life