DCSIMG

How To Be Wealthy

Mengenalkan Pengelolaan Keuangan Syariah pada Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Sebagai orangtua, terkadang kita bertanya-tanya, pada usia berapakah sebaiknya memperkenalkan uang pada si kecil? Banyak orangtua berpikir bahwa tidak perlu terburu-buru memperkenalkan uang kepada si kecil. Benarkah?

shutterstock_121805650Pelajaran soal pengelolaan keuangan nggak diajarkan secara formal di bangku sekolah, dan si kecil hanya bisa belajar tentang nominal mata uang. Jadi, pengelolaan keuangan praktis akan dipelajari si kecil dengan mencontoh kebiasaan sehari-hari di rumah.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai mendidik si kecil mengelola keuangannya sendiri, Bright Friends. Seperti yang kita ketahui, perencanaan keuangan syariah sangat membantu kondisi finansial keluarga di masa depan. Caranya tentu nggak rumit. Kita bisa memperkenalkan si kecil pada pengelolaan keuangan secara syariah melalui aktivitas-aktivitas sederhana, misalkan dengan mengajak anak menabung secara rutin. Instruksikan pada mereka untuk menitipkan dana tabungan mereka padamu. Mengajar anak untuk hidup hemat dan menyisihkan sebagian kecil dananya untuk menolong orang lain. Dengan demikian anak tidak hanya memiliki tabungan tetapi juga memiliki kepedulian dengan orang lain yang membutuhkan bantuan.

Anak diajak untuk mengerti tolong menolong yang merupakan prinsip keuangan syariah, berikan penjelasan pada anak jika kamu akan membagi tabungan tersebut pada waktunya untuk keperluannya dimasa depan dan sebagian akan diberikan kepada orang yang membutuhkan misalnya kepada anak-anak yang tidak punya dan kurang beruntung. Dana yang ditabungkan merupakan sedekah untuk menolong orang lain dimana prinsip tersebut diterapkan dalam asuransi syariah.

Sebagai orangtua, jangan lupa, kamu juga harus transparan saat mengelola tabungan anak-anak, sama transparannya dengan yang dilakukan perencana keuangan syariah. Menarik, bukan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life