DCSIMG

How To Be Healthy

Pensiun Tanpa Asuransi? Pertimbangkan Biaya Kesehatan Ini

Oleh BrighterLife.co.id

Biaya kesehatan, terlebih lagi biaya operasi, merupakan hal yang paling dikhawatirkan para pensiunan, apalagi jika nggak memiliki asuransi untuk memproteksi diri. Padahal, tiap tahun harga pengobatan terus meningkat dengan rata-rata kenaikan paling moderat mencapai 10%, jauh melampaui tingkat inflasi. Rata-rata kenaikan biaya kesehatan di Indonesia bahkan selalu lebih tinggi dibandingkan kenaikan gaji. Persoalannya, pensiunan hanya bisa memanfaatkan uang pensiun bulanan—yang nilainya tentu nggak sama dengan gaji pegawai aktif.

shutterstock_401595544Biaya operasi bypass jantung (Rp200 juta)

Pengobatan melalui operasi bypass bagi penderita jantung koroner adalah salah satu tindakan medis paling mahal di dunia kesehatan. Penyakit ini disebabkan oleh penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah nadi (arteri) koroner jantung. Tindakan operasi ini secara medis dilakukan dengan cara membuat saluran baru melewati arteri koroner yang mengalami penyempitan atau penyumbatan sehingga terdapat aliran darah baru yang membawa oksigen dan nutrien lain ke otot jantung. Saluran baru yang dibuat dapat berasal dari arteri (pembuluh darah nadi) atau vena (pembuluh darah balik) yang sehat dari tubuh bagian lain, yang nantinya dicangkokkan/dihubungkan ke arteri koroner yang menyempit atau tersumbat.

Pasang ring dan balon (Rp300 juta–Rp700 juta)

Setelah melakukan operasi bypass, penderita jantung koroner memerlukan pemasangan ring dan balon. Ring jantung atau cincin/stent adalah prosedur melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat di bagian jantung. Ring jantung ini berfungsi membuka pembuluh darah koroner di jantung sehingga jantung kembali menerima suplai darah yang cukup.

Diabetes (Rp1,2 juta–Rp80 juta)

Karena gaya hidup masyarakat yang semakin nggak sehat, penyakit diabetes sangat rentan dialami orang-orang dengan usia lanjut. Selain sangat berbahaya, pengobatan penyakit diabetes juga membutuhkan biaya yang nggak murah. Diabetes yang kronis hingga menyebabkan komplikasi bahkan membutuhkan biaya pengobatan hingga puluhan juta rupiah. Ini belum termasuk obat rutin sekitar Rp300.000 untuk sekali pengobatan dan insulin senilai Rp200 ribu per kemasan. Biasanya, pasien diabetes membutuhkan tiga kemasan dalam sekali penggunaan.

ICU (Rp1,5 juta–Rp2,5 juta)

Intensive Care Unit atau ICU adalah ruang perawatan intensif dengan peralatan dan staf khusus untuk menanggulangi pasien gawat karena penyakit, trauma, atau komplikasi lain. Karena peralatan dan stafnya khusus, ICU adalah salah satu ruang dengan biaya paling mahal di rumah sakit. Untuk satu hari perawatan, seorang pasien bisa mengeluarkan biaya antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta per hari.

Ruang inap VIP (Rp800 ribu–Rp1,5 juta)

Jika mengalami sakit saat tua nanti, kamu tentu menginginkan fasilitas terbaik agar tubuh bisa segera pulih. Fasilitas yang dimaksud termasuk soal ruang inap. Di Jakarta, harga ruang inap VIP bermacam-macam. Namun rata-rata berkisar antara Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta per hari.

Biaya konsultasi dokter (Rp150 ribu–Rp1 juta)

Sebagai lansia, tentu kamu harus rutin melakukan pengecekan kesehatan dan konsultasi dengan dokter. Biaya konsultasi memang relatif berbeda beda antara dokter satu dengan lainnya. Untuk dokter umum, biasanya harga yang dipatok untuk satu kali konsultasi berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp250 ribu. Sedangkan untuk dokter spesialis, misal spesialis saraf, biaya konsultasinya cukup mahal. Bahkan beberapa rumah sakit mematok biaya hingga Rp1 juta untuk sekali konsultasi.

Dengan banyaknya biaya kesehatan yang harus kamu pertimbangkan di hari tua nanti, maka nggak ada lagi alasan untuk menunda-nunda memiliki asuransi, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life