DCSIMG

How To Be Wealthy

Pasar Modal Syariah, Pasti Halal

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_174273320

Jaminan ini datang langsung dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) untuk meyakinkan calon investor yang masih meragukan kesyariahan pasar modal syariah. Namun, di luar itu, DSN MUI juga memberi catatan bahwa para investor tetap harus membekali diri dengan pengetahuan yang memadai.

Dilansir dari republika.co.id, Iggi Achsien, Ketua Bidang Pasar Modal DSN MUI mengatakan, saham pada dasarnya halal. Untuk menjamin saham yang terdapat dalam pasar modal syariah benar-benar memenuhi kriteria syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan DSN MUI mengadakan penilaian terhadap saham-saham tersebut dua kali dalam setahun. Langkah ini kemudian semakin dikuatkan dengan Fatwa DSN MUI No.80 tentang penerapan prinsip syariah dalam mekanisme perdagangan efek bersifat ekuitas di pasar reguler bursa efek.

Ada dua kriteria elemen yang disaring, yakni bisnis inti perusahaan harus dipastikan halal. Bisnis perusahaan yang nggak diperbolehkan, antara lain, perbankan konvensional, rokok, dan barang nonhalal. Kedua, efek syariah nggak boleh memiliki utang berbasis bunga lebih dari 45% atau pendapatan nonhalal lebih dari 10% total pendapatan.

Iggi menjelaskan bahwa investasi syariah juga bisa mengalami fluktuasi. Salah satu faktor yang membedakan antara investasi syariah dengan konvensional adalah rentang waktu investasi. Syariah umumnya mendorong investasi bersifat jangka panjang sehingga akan jauh dari konsep spekulasi. Jadi, buat kamu yang masih ragu dengan kehalalan dan cara kerja pasar modal syariah, nggak perlu khawatir lagi karena kesyariahan pasar modal dijamin langsung oleh DSN MUI.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life