DCSIMG

Inspiring Story

Keputusan Pensiun Dini Berdampak Baik untuk Kesehatan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Sebagian besar perusahaan, terutama instansi pemerintah, menentukan batas usia pensiun karyawan. Namun, saat ini, banyak juga perusahaan yang menawarkan program pensiun dini bagi para pekerja. Nah, ternyata Bright Friends, keputusan pensiun dini memberikan dampak positif bagi kesehatanmu.

shutterstock_291939650Tahukah, sebuah penelitian di Swedia menemukan fakta bahwa pensiun dini ternyata dapat memperbaiki kondisi pekerja yang menderita penyakit kronis mulai melanda pada tahun-tahun terakhir sebelum masa pensiun? Penelitian tersebut memang nggak membuktikan bahwa pensiun dini bisa menyembuhkan penyakit tersebut, tapi seenggaknya dengan pensiun dini, para pekerja bisa memperlambat perkembangan penyakit degeneratif yang mereka derita.

Selain itu, pengaruh yang terlihat cukup signifikan yakni pada kesehatan jiwa. Sekitar 7% partisipan penelitian mengaku mengalami depresi dan kelelahan mental pada tahun terakhir mereka bekerja. Namun setelah memutuskan untuk segera berhenti bekerja, mereka bisa merasa lebih santai dan bahagia. Dilansir dari HealthDay, para peneliti mengatakan bahwa masa pensiun memberikan cukup waktu bagi para pekerja untuk melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan, misalnya saja olahraga.

Penelitian yang dilakukan di Stockholm University juga mengungkap bahwa pensiun dini dapat membuat kondisi seseorang menjadi 10 tahun lebih muda dari usia asli mereka. Selain wajah tampak lebih segar karena bahagia, berbagai gangguan penuaan, seperti sakit punggung dan leher, pun berangsur mereda.

Pada kenyataannya, mungkin memang sedikit sulit untuk bisa melepaskan diri secara total dari rutinitas harian yang sudah menjadi bagian dari hidupmu selama belasan atau bahkan puluhan tahun. Namun seenggaknya, seiring dengan bertambahnya usia, kamu bisa menurunkan ritme kerjamu dan memperhatikan aspek kesehatan. Nggak ada salahnya membuat keputusan pensiun dini dari kantor. Toh, pensiun bukan berarti menganggur, kan. Banyak hal seru yang bisa dilakukan sekarang, karena dulu kita nggak memiliki tenaga plus waktu untuk mewujudkannya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life