DCSIMG

How To Be Healthy

Kurangi Risiko Gangguan Pendengaran Saat Nonton Konser

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_276568778

Bukan hanya berfungsi untuk melindungi kuping saat tengah berada di dalam air, earplug juga dapat melindungi kerusakan telinga akibat paparan suara keras, Bright Friends. Nah, kamu yang hobi nonton konser wajib membaca artikel ini sampai tuntas.

Jangan sampai hobi nonton konsermu membuahkan pendengaran yang nggak bagus di kemudian hari. Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan fakta bahwa menonton konser yang mengeluarkan suara keras berpotensi merusak pendengaranmu. Peluang kehilangan fungsi pendengaran akan semakin besar terjadi pada mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun.

Penelitian tersebut melibatkan 51 orang peserta uji coba yang diikutsertakan untuk mengikuti konser musik. Setelah mengikuti konser selama 4,5 jam, 8% kelompok yang menggunakan penutup telinga mengalami pergeseran ambang batas sementara (TTS). TTS juga dikenal dengan berkurangnya kemampuan mendengar setelah terpapar kebisingan. Sedangkan kelompok peserta yang mengikuti konser tanpa menggunakan earplug 42% mengalami pengurangan pendengaran.

Pemimpin penelitian Dr. Wilko Grolman dari University Medical Center Utrecht mengatakan bahwa pengurangan pendengaran akibat musik keras memang sudah umum terjadi. Gangguan ini bersifat sementara, tapi jika terus berulang, bukan nggak mungkin gangguan pendengaran sementara ini akan berubah menjadi permanen.

Jadi, buatmu yang nggak pernah melewatkan konser, khususnya konser musik rock, atau mungkin justru bekerja menangani konser, ada baiknya mulai mempertimbangkan earplug sebagai barang wajib bawa.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life