DCSIMG

How To Be Happy

Memahami Kebijakan KIA untuk Si Kecil

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_335286818

Tahun ini, sebagian orangtua dikejutkan oleh kebijakan pemerintah untuk menerbitkan KIA (Kartu Identitas Anak). Yuk, pahami kebijakan tersebut dan cari tahu motif di balik keluarnya peraturan tersebut. Nyatanya, lebih dari 50% dari total populasi anak di Indonesia nggak punya akta kelahiran, Bright Friends. Fakta inilah yang akhirnya memicu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan kebijakan untuk menerbitkan KIA.

Berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, KIA dibagi menjadi 2 jenis, yaitu untuk anak yang berusia 0—5 tahun dan KIA untuk anak 5—17 tahun yang belum menikah. Untuk anak yang baru lahir dari seorang warga negara Indonesia (WNI), KIA akan diterbitkan bersamaan dengan akta kelahiran. Sedangkan untuk anak WNI yang belum genap berusia 5 tahun dan belum memiliki KIA, bisa mendaftar ke kelurahan/kecamatan dengan melengkapi persyaratan administratif yang ditentukan.

Pelaksanaan pendaftaran KIA baru dilakukan pada Maret lalu. Pelaksanaannya pun masih dilakukan secara bertahap dan akan mengangkat 50 kota sebagai percontohan penerbitan KIA. Nantinya, KIA akan dianggap sebagai pelengkap akta kelahiran karena akan terdapat alamat anak secara jelas di dalamnya.

Kartu ini pun ke depannya bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan administrasi, seperti berobat, transaksi keuangan, ataupun mendaftar sekolah. KIA diharapkan dapat mencegah praktik penculikan anak dan juga child trafficking. Mengingat saat ini nggak sedikit anak yang menjadi korban child trafficking karena data anak yang didokumentasikan dengan baik.

Bagaimana dengan kota tempat tinggalmu, apakah program ini sudah mulai dijalankan, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life