DCSIMG

Inspiring Story

Di Indonesia, Gaji Perempuan Lebih Tinggi Dibandingkan dengan Lelaki

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_235366168

Fakta mengejutkan bahwa di Indonesia, perempuan menerima gaji lebih besar dibandingkan dengan lelaki. Masa, sih? Kondisi yang terjadi di Indonesia nyatanya berbanding terbalik dengan yang terjadi di luar negeri. Di Barat, perbedaan gaji yang diterima perempuan dan laki-laki berbeda jauh, misalnya para pekerja perempuan di Amerika yang menerima gaji 21% lebih rendah dibandingkan yang diterima pekerja lelaki.

Sedangkan di Inggris, data Officer for National Statistis menyebutkan bahwa perbedaan gaji lelaki dan perempuan hingga 14,2%. Bukan angka yang kecil, kan, Bright Friends? Beruntung kamu bekerja di Indonesia yang nggak mempedulikan aspek gender dalam menentukan gaji. Bahkan, di beberapa bidang, gaji perempuan lebih tinggi.

Situs Jobplanet.com melakukan survei terhadap 46.000 karyawan level staf dan 14.000 karyawan level manager, dengan perbandingan jumlah gender 49% lelaki dan 51% perempuan. Survei tersebut menemukan fakta jika gaji (pokok, atau tanpa bonus dan tunjangan) rata-rata staf perempuan adalah Rp3.660.000, lebih tinggi 1,1% dibandingkan gaji staf lelaki yang ada di angka Rp3.621.000.

Kesenjangan gaji juga terjadi pada level manajer. Seorang perempuan yang menjabat sebagai manajer memiliki rata-rata gaji Rp7.696.000, lebih tinggi 4,6% daripada gaji manajer lelaki, Rp7.356.000. Kemudian, di bidang engineering (teknik), hukum, dan Research and Development (R&D), perbedaan gaji perempuan dan lelaki hingga 10%, Bright Friends.

“Jika dihitung secara keseluruhan, gaji rata-rata yang diperoleh karyawan perempuan lebih tinggi daripada gaji rata-rata yang diterima oleh karyawan laki-laki, baik di level staf maupun manajer,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa saat ini sudah banyak perusahaan yang mempertimbangkan dan memberikan kepercayaan kepada perempuan untuk berada di pucuk kepemimpinan. Mengejutkan dan di luar perkiraan? Negara yang kerap diwarnai dengan isu gender ini ternyata justru lebih menjunjung tinggi persamaan di bidang karier dibandingkan dengan negara maju lainnya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life