DCSIMG

How To Be Wealthy

Langkah Cerdas Atur Keuangan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Diperlukan keinginan dan langkah cerdas untuk mengatur dana yang kamu miliki saat ini. Kalau kamu sudah menguasai teorinya, ini saatnya untuk praktik.

shutterstock_334632815Pegang kendali siklus masuk-keluar uang sendiri

Kamu adalah “raja” di rumah tanggamu. Sebagai pimpinan, kamu pula yang memegang kendali atas siklus masuk dan keluar uang. Agar lebih bertanggung jawab, buatlah satu tabungan khusus untuk keperluan sehari-hari. Atur cash flow untuk mencegahmu cashless sebelum waktunya. Catat pula tiap pemasukan dan pengeluaran. Jika di akhir bulan ada kelebihan saldo dalam tabungan tersebut, kamu bisa mengalokasikannya ke dalam pos investasi.

Review bujet bulanan

Pos pengeluaran bulanan memang sudah dipastikan sama setiap bulan. Namun fluktuasi ekonomi membuat nominal yang kamu keluarkan nggak melulu sama. Ada masa pengeluaran di satu pos lebih besar, dan sebaliknya, itulah pentingnya review bujet bulanan secara berkala. Dengan demikian, kamu bisa membentuk pola untuk diterapkan dalam pengaturan keuanganmu.

Hindari utang

Jangan terbiasa berutang. Jika memang harus berutang terkait dengan kepentingan keluarga atau demi masa depan, sebaiknya fokus untuk menyelesaikan utang tersebut sebelum memutuskan untuk mengambil utang lain. Maksimal nominal utang yang ideal adalah 30% dari total pemasukan bulananmu. Kalau lebih dari itu, bisa dipastikan keuanganmu nggak sehat.

Review investasi

Jika kamu sudah melakukan investasi selama beberapa tahun terakhir, ada baiknya mulai melakukan review. Sudah waktunya kamu memilih instrumen investasi lain untuk melengkapi instrumen investasi yang sudah kamu miliki. Kenapa? Karena pergerakan antara jenis instrumen investasi yang satu dengan lainnya berbeda. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai cadangan di kala investasi yang lain sedang down.

Sedekah

Sebagai makhluk sosial, sebaiknya sisihkan dana untuk membantu orang yang kurang mampu. Untuk urusan sedekah atau zakat, kamu nggak perlu lagi memikirkannya jika memiliki investasi atau asuransi syariah, karena pada awal perjanjian kamu bisa memasukkan pos tersebut ke dalamnya. Praktis, bukan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life