DCSIMG

How To Be Happy

Hindari Mengisi Baterai Ponsel Jelang Tidur

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_324606107Ini nih salah satu ritual sebelum tidur yang umum dilakukan oleh banyak orang. Coba ingat, sejak kapan kamu terbiasa melakukannya? Coba ingat juga, bagaimana kinerja ponselmu sejak kamu mulai melakukan kebiasaan ini? Ternyata, kebiasaan mengisi baterai ponsel sebelum tidur dan membiarkannya hingga pagi dapat menurunkan performa baterai ponsel, Bright Friends.

Dilansir dari Popular Science, baterai lithium-ion nggak baik jika diisi hingga 100%. Dan ternyata, mengisi baterai sebentar saja tapi dilakukan berulangkali justru lebih baik dibandingkan dengan membiarkan hingga nol persen kemudian baru mengisinya. Rata-rata ponsel, ponsel pintar, dan tablet saat ini menggunakan baterai lithium-ion—yang penanganannya berbeda dengan baterai berbahan nikel. Kalau membiarkannya terhubung ke aliran listrik pada pukul 23.00 WIB misalnya, dengan kondisi baterai tinggal satu bar, maka baterai ponsel sudah akan terisi penuh pada pukul 02.00 WIB.

Terbayang nggak apa akibatnya kalau kamu membiarkannya hingga keesokan hari? Baterai lithium-ion memiliki komponen otomatis yang bisa merusak dirinya sendiri. Cara ini dilakukan supaya baterai nggak meledak jika diisi daya melebihi kapasitas. Kamu perlu hati-hati nih, Bright Friends.

Supaya baterai ponsel tahan lama, kalaupun kamu ingin mengisinya sebelum tidur, usahakan untuk memasang alarm sekitar 3 jam setelah kamu menghubungkan ponsel ke listrik supaya bisa mencabut ponsel saat dayanya sudah mencukupi. Atau, kamu bisa mengisinya pada pagi hari.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life