DCSIMG

How To Be Wealthy

Jangan Sampai Bangkrut Saat Pensiun

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_262472735Banyaknya jumlah uang pensiun yang diterima membuat beberapa orang menganggap masa pensiun mereka bebas dari masalah dan jadi ceroboh dalam mengelola keuangan. Dilansir dari Reader’s Digest, Eko Endarto—perencana keuangan dari Finansia Consulting—mengatakan bahwa banyak pensiunan yang merasa mendapatkan “durian runtuh” karena jumlah uang pensiun yang diterima jauh lebih besar daripada gaji bulanan mereka saat bekerja.

“Mereka membelanjakan uang pensiun secara nggak terkontrol. Hasilnya, uang pensiun amblas hanya dalam waktu relatif singkat,” kata Eko. Lanjutnya, “Mereka lupa bahwa masa pensiun yang harus dijalani masih panjang dan kebutuhan rumah tangga masih harus dipenuhi.”

Karena itu, ia kemudian mengimbau agar para pekerja yang akan segera memasuki masa pensiun untuk memprioritaskan pelunasan utang-utang. “Jangan sampai saat pensiun justru dibebani kewajiban membayar utang,” tegasnya.

Selanjutnya, sisihkan uang pensiun sebesar tiga sampai empat kali pengeluaran bulanan. Hal itu untuk membiasakan pola hidup seperti sebelum pensiun. “Anggap saja sebagai gaji bulananmu,” jelas Eko, “lalu sisanya disimpan sebagai cadangan.” Cara terbaik memanfaatkan uang pensiun adalah sebagai modal usaha atau investasi. “Setidaknya, kamu memiliki aset yang mampu menghasilkan uang bagimu,” tutupnya.

Jadi, jangan ragu lagi untuk berinvestasi sebagai bekal kehidupan setelah pensiun, Bright Friends. Semakin cepat berinvestasi, masa depanmu akan kian terjamin dan kualitas kehidupan jauh #lebihbaik.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life