DCSIMG

How To Be Wealthy

Mempersiapkan Dana Pensiun ala Miliarder

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Menjadi tua itu pasti, tapi menjadi sejahtera itu pilihan. Oleh karena itu, kamu wajib memikirkan apa yang harus dipersiapkan dana pensiun. Ini dia 6 langkah yang para miliarder sekelas Warren Buffet dan David Cheriton lakukan dalam merencanakan dana pensiun.

shutterstock_358561154

Menabung lebih banyak dari rata-rata

Meski banyak uang, orang kaya cenderung menyimpan sebagian besar uang mereka. Berdasarkan  penelitian dari UC Berkeley, orang-orang terkaya di dunia (yang jumlahnya hanya sekitar 1% dari populasi dunia) menabung hampir 40% dari penghasilan mereka tiap bulan. Sementara itu, kebanyakan orang hanya menabung 10–12% dari penghasilan perbulan. Kalau kamu merasa terbebani, mulailah dari angka 15% dengan cara memangkas pengeluaran.

Tetap hidup hemat

Faktanya, kebanyakan miliarder mempertahankan gaya hidup hemat meskipun sudah berlimpah harta. Jadi, meskipun gajimu meningkat setiap tahunnya, pertahankan gaya hidup seperti saat gajimu masih kecil. Dengan berhemat, kamu bisa menyimpan dana pensiun lebih banyak, bukan?

Pemasukan dari banyak pintu

Saat ini masih banyak orang yang mengandalkan pendapatan hanya dari gaji. Jika kamu salah satunya, kamu pun nggak akan bisa menjadi miliarder. Para miliarder memiliki banyak pintu untuk mengumpulkan pundi-pundi uang, baik lewat investasi maupun bisnis sampingan. Ingat, dengan pemasukan yang makin banyak, kamu bisa memiliki uang pensiun lebih banyak pula.

Miliki saham jangka panjang

Orang kaya tahu jika saham akan semakin menguntungkan kalau dimiliki jangka panjang. Contoh nyatanya adalah David Cheriton, seorang profesor di Universitas Stanford dengan total kekayaan hingga USD 1,3 miliar. Ia memperoleh kekayaan dari menjadi investor saat Google baru berdiri. Ketika Google berkembang, ia pun mendapatkan keuntungan berlipat berkat pekerjaan sampingan ini.

Berani memulai lebih dini

Waktu adalah uang. Para miliarder pun paham jika mereka harus menabung sedini mungkin untuk mengumpulkan kekayaan. Selain itu, mereka juga memberlakukan auto-debet sehingga nggak ada alasan lupa menyetor simpanan setiap bulannya.

Pilih cicilan dengan strategi tepat

Karena ingin pensiun dalam keadaan tenang, para miliarder nggak memiliki cicilan atau utang apa pun di hari tua. Ini artinya, jika ingin mendapat sesuatu, mereka akan membelinya secara tunai. Atau jika harus mencicil, mereka akan memilih tenor terpendek sehingga bisa cepat lunas.

Tips-tips di atas bisa diaplikasikan pada semua orang tanpa kecuali, karena faktanya banyak investor kaya di dunia yang menerapkannya tersebut jauh sebelum mereka mapan. Jika mereka bisa, Bright Friends pasti juga bisa.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life