DCSIMG

How To Be Healthy

Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Jangan main-main, Bright Friends, kebutaan mengancam mereka yang kerap lupa mencopot lensa kontak sebelum tidur. Bagaimana penjelasannya?

shutterstock_84081283Kompas.com memberitakan ada seorang foto model asal Kalimantan yang harus mengalami kebutaan akibat lensa kontak. Gadis tersebut diketahui kurang menjaga kebersihan lensa kontaknya dan yang paling parah adalah sering tidur tanpa melepas lensa kontak.

Dr. Melissa Barnett dari asosiasi dokter mata California, AS, mengatakan bahwa beberapa produk lensa kontak memang bisa dipakai sepanjang malam. Namun bukan berarti kita bisa menggunakannya saat tidur karena bisa menyebabkan infeksi maupun hipoksia—kurangnya suplai oksigen ke kornea—pada mata. Risiko mata yang mengalami hipoksia sangat serius, salah satunya adalah memicu pertumbuhan pembuluh darah baru. Akibat fatalnya? Penderita bisa mengalami kebutaan permanen, terlebih jika pertumbuhan pembuluh darah tersebut lebih besar dari 2 mm.

Sekali lagi, hilangkan rasa malas untuk melepas lensa kontak saat tidur, Bright Friends. Pemakaian lensa kontak yang nggak tepat bisa menyebabkan infeksi serius, rasa nyeri, sensitivitas cahaya, dan seperti yang sudah dijelaskan tadi, bagian terburuknya adalah buta permanen. Yuk, sebarkan fakta ini kepada orang-orang terdekat yang memiliki kebiasaan buruk ini.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life