DCSIMG

How To Be Wealthy

Sisa Pengeluaran Bulanan, Alokasikan ke Investasi atau Dana Darurat?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Kamu memiliki sisa uang pengeluaran bulanan? Ke mana sebaiknya uang sisa tersebut dialokasikan?

Pengeluaran bulanan merupakan bagian yang paling sensitif dalam kehidupan rumah tangga. Bahkan, salah-salah mengatur keuangan bisa berujung keretakan rumah tangga. Karena itu, kepiawaian mengatur keuangan menjadi “kewajiban” yang harus dimiliki setiap pasangan.

shutterstock_297195692Menurut perencana keuangan Prita Ghozie dalam situs futuready.com, idealnya keuangan rumah tangga dibagi dalam lima alokasi pos pengeluaran besar, yakni assurance (dana darurat dan premi asuransi); present consumption (pengeluaran rutin bulanan, seperti biaya makan, listrik, dan uang sekolah); future spending (tabungan untuk rencana pembelian di bawah 12 bulan); investment (investasi untuk jangka waktu lebih dari 12 bulan); dan sedekah serta bantuan sosial.

Dalam keuangan keluarga, posisi dana darurat sama pentingnya dengan investasi. Dana darurat merupakan dana yang mudah diakses ketika kamu membutuhkannya, sehingga dana darurat sangat diperlukan oleh tiap keluarga. Dan idealnya, dana darurat yang tersedia adalah tiga kali dari pengeluaran bulanan. Jadi, ketika kamu memiliki dana sisa yang nggak terpakai setiap bulan, terlebih dahulu review dana daruratmu. Kalau angka yang ada dalam tabungan dana darurat belum mencapai angka ideal, sebaiknya alokasikan dana sisa bulanan untuk dana darurat.

Kemudian, jika jumlah dana darurat sudah terpenuhi, kamu bisa mengalokasikan sisa dana yang ada di kemudian hari ke dalam pos asuransi dan investasi. Pos untuk asuransi penting untuk memproteksi aset yang kamu miliki dari segala risiko kehidupan, sementara kamu akan mendapatkan hasil memuaskan jika berhasil berinvestasi dalam jangka panjang. Bagaimana, tertantang mewujudkannya?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life