DCSIMG

Inspiring Story

Karier Kedua di Masa Pensiun, Kenapa Nggak?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Usia pensiun memang bukan waktunya lagi untuk bekerja dengan tujuan mengumpulkan uang. Kita tetap harus menjalani aktivitas, salah satunya menjadikan passion sebagai sumber penghasilan baru yang menyenangkan, Bright Friends.

shutterstock_51041632Pergeseran budaya perusahaan yang menjadi lebih dinamis, agresif, dan kompetitif saat ini berdampak pada sikap mental para pekerja. Menurut Rhenald Kasali—pakar manajemen dan kewirausahaan—dalam pesona.co.id, para pekerja sekarang cenderung dinamis dan lebih bersemangat untuk mencoba hal baru, meninggalkan zona nyaman mereka. Hal ini membuat turn over karyawan di sebuah perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa tahun silam.

Rhenald juga mengatakan bahwa nggak sedikit pekerja yang menginjak kepala 4 memutuskan untuk mengambil pensiun dini, karena bukan nggak mungkin seseorang menemukan passion baru dan menjalani karier kedua di umur mereka yang nggak muda lagi. Guru besar di sebuah perguruan tinggi negeri ternama itu pun mengatakan bahwa umur bukan batasan untuk mengembangkan potensi diri. Sehingga ia menyarankan kita untuk mencari karier kedua yang pas untuk dijalani di usia pensiun sebagai kegiatan baru. Toh walaupun nggak lagi muda, selama kondisi fisik dan psikis masih memungkinkan, masih banyak kesempatan untuk melakukan kegiatan produktif.

Menurut survei yang diadakan oleh majalah Pesona, sebanyak 66% perempuan bahkan berencana memiliki usaha sendiri dalam lima tahun ke depan. Umumnya, mereka beralasan sudah mencapai titik jenuh dan ingin bekerja sesuai dengan passion, serta mencari tantangan baru. Jadi, keputusan pensiun diambil bukan untuk bermalas-malasan atau ingin menikmati masa-masa santai, melainkan untuk berkarya lewat hal positif yang lain.

Ada beberapa peluang bisnis yang dapat dicoba dan dikembangkan lho saat kamu memasuki usia pensiun. Nggak perlu berpikir terlalu jauh. Hobi yang selama ini nggak bisa kamu lakukan secara rutin, bisa saja menjadi bisnis baru yang menghasilkan ketika dilakukan dengan serius. Ya, nggak?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life