DCSIMG

How To Be Wealthy

Mengenal Macam-macam Akad Dalam Dana Pensiun Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_272258609Sebelum berinvestasi, kita sebagai nasabah memang sebaiknya mencari informasi secara lengkap mengenai calon lembaga keuangan pilihan. Misalnya, jika kita ingin melindungi diri dengan asuransi, kita perlu mengetahui track record lembaga asuransi tersebut, bagaimana pelayanannya dan yang paling penting soal keamanannya. Begitu juga jika kita ingin mempersiapkan masa depan melalui Dana Pensiun Syariah (DPS), kita perlu mengetahui dengan baik istilah-istilah akad yang terdapat di dalamnya.

Umumnya, produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Syariah menawarkan produk pensiun dengan konsep tabungan dan produk pensiun plus asuransi jiwa. Dalam fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Program Pensiun Berdasarkan Prinsip Syariah disebutkan akad-akad apa saja yang bisa digunakan dalam program DPS, yaitu:

Akad Hibah yang berupa Pemberian dana (Mauhub bih) dari Pemberi kerja (Wahib) kepada Pekerja (Mauhub lah) dalam penyelenggaraan pensiun;

Akad Hibah bi Syarth adalah hibah yang baru terjadi (efektif) apabila syarat-syarat tertentu terpenuhi (dalam hal vesting right).

Akad Hibah Muqayyadah adalah hibah di mana Pemberi (Wahib) menentukan orang-orang/pihak-pihak yang berhak menerima manfaat pensiun termasuk ketidakbolehan mengambil manfaat pensiun sebelum waktunya (locking in).

Akad Wakalah adalah akad berupa pelimpahan kuasa oleh pemberi kuasa kepada pihak lain dalam hal-hal yang boleh diwakilkan.

Akad Wakalah bil Ujrah adalah Akad Wakalah dengan imbalan upah (ujrah).

Akad Mudharabah adalah akad kerja sama usaha antara DPS dengan pihak lain; DPS sebagai Pemilik Dana (Shahibul Maal), pihak lain sebagai Pengelola (Mudharib). Kemudian, keuntungan dibagi sesuai pembagian hasil (nisbah) yang disepakati, sedangkan kerugian dibebankan kepada DPS apabila kerugian tersebut terjadi bukan karena kelalaian pengelola.

Produk keuangan syariah yang satu ini memang menarik bagi komunitas investasi karena mereka memberikan keuntungan yang stabil dalam jangka panjang. Selain itu, dibandingkan dengan sistem konvensional, kematangan pasar sukuk dalam indeks saham syariah juga sangat bersaing dengan banyaknya permintaan kuat untuk rencana dana pensiun syariah.

Bagaimana Bright Friends, makin tertarik mempersiapkan dana pensiun untuk hidup yang #LebihBaik?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life