DCSIMG

How To Be Healthy

Ini Cara Lingkungan Pengaruhi Porsi Makan

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_315490844

Disadari atau nggak, kebiasaan dan lingkungan tempatmu berada ikut mempengaruhi cara dan porsi makanmu, Bright Friends.

Ketinggian

Sadar nggak, saat di pesawat, kamu akan makan lebih sedikit dibandingkan ketika kamu berada di darat? Penelitian yang dilakukan oleh maskapai Jerman, Lufthansa, pada 2010, menemukan kenyataan bahwa saat berada di ketinggian, lidahmu akan kehilangan kemampuan mengecap dengan maksimal, demikian dengan fungsi hidung yang nggak akan maksimal. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa rasa asin akan berkurang hingga 30% sedangkan rasa manis bisa berkurang hingga 20% akibat tekanan udara.

Piring besar, porsi besar

Mulai sekarang, gunakan piring atau mangkuk dengan ukuran kecil untuk mengurangi porsi makan. Mereka yang makan dengan ukuran piring besar cenderung makan lebih banyak dibandingkan mereka yang memakai piring lebih kecil. Kenyataan ini dibenarkan oleh peneliti dari University of Cambridge. Ahli gizi Lisa Young bahkan sampai menyarankan untuk menyajikan salad dan sayuran dalam wadah yang lebih besar untuk memancing orang mengonsumsi makanan sehat lebih banyak.

Musik keras

Penelitian yang dilakukan pada 1980 menunjukkan bahwa orang cenderung mengunyah lebih cepat jika makan sambil mendengarkan musik keras. Hasil penelitian ini dimanfaatkan oleh restoran karena pengunjung akan lebih cepat menambah porsi makanan. Masih menurut para peneliti, suara akan membuatmu sulit menyadari apakah sudah kenyang atau belum. Jadi, untukmu yang sedang menjalani program diet, jauhi musik dan kegiatan asyik lainnya saat sedang makan, fokus dulu pada isi piringmu untuk memastikan porsi makan nggak berlebihan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life