DCSIMG

How To Be Happy

Mengapa Orangtua Berbohong pada Anak?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Pernah mendengar istilah white lie? Mungkin orangtua, khususnya ibu, adalah orang yang paling mahir soal yang satu ini.

shutterstock_275418557Jill Robbins dalam tulisannya di situs sheknows.com setuju bahwa anak yang baik harus dibesarkan dari lingkungan yang jujur. Namun untuk kondisi tertentu, nggak ada salahnya melakukan white lie. Buatlah “cerita” yang nggak berlebihan untuk menjauhkan anak dari bahaya atau kebiasaan nggak baik. Misalnya ketika ia meminta cokelat menjelang tidur, kamu bisa mengarang cerita yang membuatnya enggan lagi makan cokelat sebelum tidur.

Bertindak tegas juga diperlukan untuk menjadikan si kecil disiplin dan bertanggung jawab. Beri hukuman saat ia malas-malasan mengerjakan pekerjaan rumah karena keasyikan menonton serial kesayangan dengan melarangnya menonton selama beberapa waktu. Walaupun sederhana, hukuman yang diberikan cukup membuatnya belajar memahami kewajiban dan hal yang baik maupun buruk. Nggak perlu merasa bersalah saat sesekali menghukum si kecil, toh yang kamu lakukan demi kebaikan mereka.

Namun jangan lupa mengimbangi hukuman dan larangan yang diselimuti “kebohongan” dengan sistem penghargaan tiap kali anak melakukan kebaikan. Kamu bisa memberikan pujian atau mungkin tambahan waktu bermain saat mereka bersikap manis. Dan, satu hal lagi, jangan sungkan meminta maaf pada mereka jika memang kamu berbuat salah. Tanamkan sikap adil dan jiwa ksatria pada anak sejak dini lewat pola asuh yang menyenangkan. Walaupun masih kecil, anak juga berhak diperlakukan adil, lho.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life