DCSIMG

Inspiring Story

Mengapa Bahasa Mandarin Penting untuk Karier?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_344393447Bahasa Mandarin diperkenalkan sejak dini di beberapa sekolah. Nyatanya, Bahasa ini memang bermanfaat untuk mendukung kariermu ke depan.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok semakin menunjukkan bahwa Negeri Tirai Bambu ini patut diperhitungkan keberadaannya. Salah satu cara untuk menangkap peluang bisnis dan mengembangkan karier adalah dengan menguasai Bahasa Mandarin. Dr. Lana Soelistianingsih, S.E., M.A.—dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan ekonom Samuel Aset Manajemen—dalam femina.co.id, mengatakan bahwa diakuinya yuan sebagai mata uang internasional mengangkat Tiongkok ke tataran tertinggi.

Menurut Lana, Olimpiade 2008 yang diselenggarakan di Beijing merupakan titik awal kebangkitan ekonomi Tiongkok. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok meningkat hingga 11% dan Tiongkok banyak mengimpor komoditas. Tingginya permintaan impor dari Tiongkok membuat perekonomian dunia bergerak. Banyaknya peluang bisnis yang tumbuh berkat kerja sama Indonesia-Tiongkok pun akhirnya membuat pengusaan Bahasa Mandarin menjadi salah satu nilai tambah bagi para pekerja.

Di era yang begitu kompetitif seperti sekarang, nggak cuma skill bekerja yang “dijual”, tapi keterampilan lain—seperti kemampuan berbahasa asing—sangatlah penting. Terlebih, saat ini Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) sudah diterapkan dan nggak sedikit orang asing yang berkarier bahkan membuka usaha di Indonesia. Jadi, dijamin nggak rugi kok mengeluarkan dana cukup banyak untuk mempelajari beberapa bahasa, salah satunya Bahasa Mandarin, mengingat akan ada banyak sekali peluang bisnis dan karier yang terbuka untukmu.

Ngomong-ngomong, selain Bahasa Inggris, kemampuan bahasa asing apa yang kamu kuasai, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life