DCSIMG

How To Be Wealthy

Mengelola Keuangan secara Islami

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Keluarga merupakan struktur yang paling sederhana dalam masyarakat. Dalam struktur tersebut, tentu ada peraturan-peraturan kecil yang mesti dipatuhi oleh tiap anggotanya, termasuk soal bagaimana mengatur keuangan keluarga yang sesuai dengan ajaran Islam.

shutterstock_254736616Saat mengatur keuangan keluarga, biasanya kita memisahkan beberapa pos. Nah, dalam Islam, kita perlu memprioritaskan pos zakat, infak, dan sedekah (ZIS) terlebih dahulu sebelum kebutuhan lain. Mengapa bukan uang belanja yang paling diutamakan?

Ahmad Gozali, seorang perencana keuangan keluarga menjelaskan bahwa urutan prioritas pos keuangan keluarga islami adalah zakat, infak, sedekah, barulah kemudian membayar utang, menabung, dan belanja rutin. Ini karena pos belanja adalah pos yang paling fleksibel, besar atau kecilnya tergantung kebutuhan personal, sementara pos zakat, infak, dan sedekah menjadi ketentuan yang harus dipatuhi.

Nggak hanya mengatur keuangan secara islami, keluarga juga disarankan untuk mendapatkan proteksi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, asuransi syariah yang jauh dari gharar dan riba sangatlah dianjurkan. Jadi, bukan hanya mengelola finansial, masa depanmu pun harus dijaga agar hidup lebih baik lagi, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life