DCSIMG

Inspiring Story

Psikosomatis, Ancaman Karier (yang Jarang Disadari)

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Psikosomatis kerap dipandang sebelah mata, tapi bila nggak ditangani dengan baik, gangguan ini bisa memengaruhi kinerja, bahkan kariermu di kantor.

shutterstock_133793324Mengutip dari pesona.co.id, sebanyak 19% hingga 22% pasien datang ke dokter dengan keluhan fisik ternyata mengalami psikosomatis—keluhan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kecemasan berlebihan. Mereka yang mengalami psikosomatis akan mengeluhkan beberapa gejala, seperti gatal-gatal di kulit, sakit perut, pusing, hingga gangguan pencernaan. Terbayang, kan, kalau keluhan ini dialami setiap kita menghadapi deadline pekerjaan sehingga mengganggu konsentrasi kita?

Biasanya, saat penderita psikosomatis mengonsultasikan ke dokter perihal keluhannya kesehatannya, dokter nggak akan menemukan masalah fisik. Rutinitas harian yang padat, ditambah dengan masalah pribadi, keluarga, dan kantor, menjadi penyebab timbulnya psikomatis pada masyarakat urban. Obat nggak bisa menyelesaikan keluhan tersebut, karena satu-satunya solusi adalah belajar mengelola stres.

Olahraga secara teratur bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, Bright Friends. Seenggaknya, bergeraklah 3 kali dalam seminggu. Selain itu, atur waktu tidurmu. Kurang tidur pada malam hari menjadi pemicu stres yang paling utama. Terakhir, ubah pola pikir negatif yang selama ini hinggap di kepala menjadi pola pikir positif. Ingat, sakit yang dirasakan itu berasal dari pikiran kita yang kusut.

Daripada terus menghabiskan energi dengan pikiran negatif yang juga bisa menggerogoti kesehatan, lebih baik kalau kita memikirkan jalan keluarnya. Yuk, coba “uraikan” masalah yang sedang dihadapi dan be positive, jangan pertaruhkan karier hanya karena kita terlalu cemas memikirkan masalah yang ada tanpa mencari solusi.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life