DCSIMG

How To Be Wealthy

Perencanaan Keuangan untuk Ibadah Haji

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_382749604

Dalam Islam, ibadah haji merupakan  salah  satu  rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi yang mampu. Tak heran bila banyak orang bersemangat mengadakan perjalanan ke Baitullah. Dengan jarak yang jauh dan persiapan yang cukup rumit, biaya yang dikeluarkan untuk beribadah haji tentu nggak sedikit. Namun itu bukanlah halangan bila kita merencanakan keuangan sejak awal dengan baik.

Agar bisa beribadah haji maupun umroh, diperlukan perencanaan yang matang, mulai dari persiapan, keberangkatan, pelaksanaan, hingga proses kembali ke tanah air. Pastikan Bright Friends memilih lembaga keuangan yang kredibel dan terpercaya. Hal ini bisa ditentukan dari tersedia atau nggaknya asuransi dengan jumlah santunan yang memadai untuk asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, pembebasan kontribusi apabila sakit, cacat yang menyediakan manfaat asuransi bagi peserta mulai dari sejak awal bergabung menjadi peserta asuransi, selama ditanah suci bahkan yang juga tersedia dana untuk hari tua. Nggak hanya itu, pilih produk asuransi yang menyediakan manfaat investasi  yang dikelola secara syariah dan memberikan return investasi yang optimal untuk mencukup pelunasan biaya haji atau umrah ketika dibutuhkan.

Berikut ini 5 langkah yang bisa diambil oleh seorang muslim dalam merencanakan ibadah ke Tanah Suci:

  1. Menentukan tujuan keuangan.
  2. Menganalisis kondisi keuangan saat ini (pendapatan dan pengeluaran).
  3. Membuat rencana keuangan (menentukan waktu & jenis investasi).
  4. Melakukan implementasi dari  rencana keuangan  (menempatkan dan menyisihkan dana sesuai  rencana yang telah ditetapkan).
  5. Melakukan monitor dan evaluasi secara berkala (menilik antara target atau rencana dengan hasil yang didapat, dan melakukan penyesuaian bila diperlukan).

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life