DCSIMG

How To Be Wealthy

Lebih Untung dengan Produk Investasi Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_156566051

Sama seperti produk syariah lain, produk investasi syariah juga nggak mengenal riba dalam pengelolaannya. Untuk memastikan investasi berjalan pada sistem yang seharusnya, investasi akan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Pengelolaan ini akan memastikan alokasi dana syariah nggak bertentangan dengan hukum syariah.

Nah, berikut beberapa produk investasi syariah yang bisa kamu pilih.

Deposito

Dalam pembagian keuntungan deposito, nasabah akan menerima keuntungan fluktuatif berdasarkan kondisi dan kinerja bank yang sedang berjalan. Jika pada deposito konvensional bunga akan diterima secara pasti hingga jangka waktu berakhir, maka pada deposito syariah pembagian keuntungannya bergantung pada kondisi pasar.

Saham

Pasar modal Indonesia mengenal saham syariah sejak dikeluarkannya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang penerapan syariah di pasar modal dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada 2011. Untuk investasi ini, saham juga dipastikan berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang yang halal.

Reksa Dana Syariah

Layaknya reksa dana konvensional, reksa dana syariah juga merupakan sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Modal kemudian dikelola oleh manajer investasi. Berbeda dengan reksa dana konvensional, reksa dana syariah harus ditempatkan di saham yang menganut prinsip syariah, nggak menerima bunga, dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Saat ini, sudah cukup banyak saham syariah yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Asuransi Syariah

Menurut readersdigest.com, asuransi syariah dapat dikategorikan sebagai investasi syariah karena terdapat pengelolaan investasi pada dana yang disetorkan nasabah. Berbeda dengan asuransi konvensional, pada asuransi syariah, premi yang sudah dibayar tetap menjadi milik nasabah. Di sini, nasabah hanya menitipkan dana mereka pada perusahaan untuk dikelola sesuai dengan hukum syariah. Adanya asas sama rata dan keterbukaan dalam asuransi syariah membuat nasabah lebih tenang.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life