DCSIMG

How To Be Wealthy

Pengelola Parkir Wajib Mengganti Barang Hilang, Jika…

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_293530175Coba perhatikan tulisan yang lazim tertera pada karcis atau tempat parkir: Segala kehilangan atau kerusakan di luar tanggung jawab pengelola parkir. Masih berlakukan kebijakan tersebut?

Berita baik bagi pemilik kendaraan, karena ternyata klausul sepihak yang merupakan pengalihan tanggung jawab oleh pengelola parkir ini kini nggak berlaku lagi, Bright Friends. Dikutip dari linikini.com, klausul tersebut nggak berlaku sejak adanya permohonan PK (Peninjauan Kembali) putusan kasasi oleh sebuah perusahaan pengelolaan parkir. Perusahaan parkir itu mengajukan PK atas putusan kasasi yang memenangkan seorang konsumen yang kehilangan kendaraannya di tempat parkir.

Putusan PK yang dibuat tersebut—Putusan Peninjauan Kembali [PK] Mahkamah Agung berdasarkan perkara no. 124 PK/PDT/2007 tertanggal 21 April 2010—mewajibkan pihak pengelola parkir untuk mengganti kendaraan konsumen yang hilang. Putusan yang telah menjadi yurisprudensi ini pun harus diikuti seluruh pengelola parkir. Putusan PK mewajibkan pengelola parkir untuk mengganti semua bentuk kehilangan dan kerusakan barang milik konsumen di lahan parkir. Kerusakan dan kehilangan yang dimaksud termasuk kerusakan/kehilangan kendaraan, helm, isi dalam mobil, hingga barang konsumen lainnya yang ada di lahan parkir.

Putusan PK tersebut mewajibkan pengelola untuk mengganti kerugian konsumen sesuai dengan nilai barang yang rusak atau hilang. Namun tentu semua itu berlaku apabila terbukti kelalaian ada pada pihak pengelola parkir, bukan konsumen.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life