DCSIMG

How To Be Wealthy

Transaksi Ini Bisa Dihindari Jika Kita Membeli Asuransi Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Dalam berinvestasi, sebaiknya nggak hanya keuntungan yang kita pertimbangkan, tapi juga kaidah yang berlaku di dalamnya. Pikirkan kembali apakah hasil yang kita dapatkan bermanfaat dan sesuai dengan prinsip hidup.

shutterstock_332076812Produk asuransi yang mempertimbangkan itu semua adalah asuransi syariah. Dalam asuransi ini sendiri, terdapat tiga jenis transaksi yang dihindari, yaitu Masyir, Gharar, dan Riba. Masyir secara harfiah berarti memperoleh sesuatu atau mendapat keuntungan tanpa bekerja. Masyir bisa juga ditemukan dalam kegiatan bisnis yang sifatnya untung-untungan. Hal ini tentu saja dihindari dalam asuransi syariah yang memberikan keuntungan seusai dengan investasi yang kita berikan. Apa yang kita kontribusikan, itulah yang kita peroleh.

Gharar dalam Bahasa Arab berarti ‘penipuan’, sedangkan dalam segi terminologi bisa diartikan sebagai ‘nggak mengetahui sesuatu yang diakadkan’. Dalam bisnis sendiri Gharar adalah suatu kegiatan yang nggak jelas kuantitas, kualitas, harga, dan waktu terjadinya transaksi. Aktivitas bisnis yang mengandung gharar juga bisa jadi berisiko tinggi dengan kepastian usaha yang sangat kecil sehingga sulit diaplikasikan.

Sementara itu, Riba merupakan kelebihan/tambahan pembayaran tanpa adanya ganti/imbalan yang disyaratkan bagi salah seorang dari dua orang yang membuat akad (transaksi). Hal ini tentu bertentangan dengan asuransi syariah yang mengedepankan sistem saling membantu sesama nasabah. Prinsip gotong-royong dan pembagian hasil yang merata membuat asuransi syariah banyak dipilih karena menghindarkan diri kita dari riba.

Sudah lebih memahami sistem kerja produk asuransi ini? Jika ada informasi yang ingin dipahami lebih dalam, Bright Friends bisa bertanya langsung kepada tim asuransi dan investasi Sun Life Financial Indonesia di www.brightadvisor.co.id, gratis.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life