DCSIMG

Inspiring Story

Apa yang Harus Dilakukan saat Atasan Menegur?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Di sepanjang perjalanan kariermu, pernah nggak menemukan atasan yang temperamental? Apa pengalaman paling pahit apa yang kamu rasakan selama bersamanya?

shutterstock_299481077Pasti ada atasan yang nggak bisa menahan emosi. Wajar kalau ia marah akibat kelalaian kita atau rekan kerja, tapi bagaimana jika emosi atasan justru muncul karena masalah pribadinya, dan ini berdampak pada urusan kantor? Ada pula atasan yang terbiasa membentak anak buah di depan karyawan lain, makian pun kerap terlontar darinya.

Sebagai karyawan, kita memang nggak bisa memilih siapa yang akan menjadi atasan kita. Karena itu, siapa pun dia, seperti apa pun kepribadiannya, hingga bagaimana pun pola kerjanya, kita harus berusaha memahami dan menyesuaikan diri. Jadi, bagaimana sebaiknya kita bersikap andai memiliki atasan dengan tipe di atas?

Jika ini terjadi padamu, pertama-tama yang harus dilakukan adalah membiasakan diri berpikir positif dan belajar menahan emosi. Keadaan hanya akan bertambah runyam jika kamu menanggapi kemarahan atasan dengan emosi. Suasana kantor dijamin nggak lagi kondusif dan pekerjaan pun terbengkalai.

Kedua, segeralah menyelidiki penyebab kemarahannya. Jika ini terjadi akibat kelalaianmu, maka dengan besar hati kamu harus mengakui kesalahan, meminta maaf, dan berusaha memperbaikinya. Perlihatkan kepada atasan bahwa kamu memiliki itikad baik. Namun bagaimana jika emosi atasan nggak ada sangkut-pautnya dengan urusan pekerjaan? Datangilah, bicarakan secara personal saat keadaan sudah tenang. Pahami bahwa atasan juga manusia, jadi bukan nggak mungkin tekanan faktor tertentu membuatnya “meledak” dan melampiaskan pada anak buah.

Nah, merupakan prestasi tersendiri jika kamu berhasil memiliki hubungan yang baik dengan atasan. Nggak ada salahnya mempelajari karakter penghuni kantor, juga bagaimana memiliki relasi yang baik dengan mereka. Jika suatu saat kamu menjadi atasan, nggak perlu canggung atau bingung lagi kan soal bagaimana cara menempatkan diri dalam segala situasi?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life