DCSIMG

How To Be Wealthy

Investasi Syariah dan Konvensional, Apa Bedanya?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Konsep syariah pada dunia finansial semakin mendapat tempat di masyarakat. Nggak hanya peminatnya, lembaga yang menyediakan berbagai produk perbankan dan keuangan syariah pun kian beragam, termasuk di dalamnya asuransi syariah.

shutterstock_207507838Seperti dikutip dari situs republika.co.id, terdapat perbedaan mendasar antara produk asuransi syariah dan investasi konvensional. Pada asuransi syariah, pengelolaan dana sangat diawasi. Pengelolaan dana asuransi syariah hanya bisa diletakkan pada instrumen yang berbasis syariah.

Bukan hanya instrumen yang dipastikan bebas dari unsur haram, pengelolaan dana asuransi juga harus bebas dari riba. Nah, untuk memastikan hal tersebut, semua proses pengelolaan diawasi langsung oleh Good Corporate Governance. Proses inilah yang nggak akan ditemukan pada produk asuransi konvensional. Sedangkan untuk pengelolaan risiko, asuransi syariah berdasarkan pada prinsip sharing of risk antarpeserta. Berbeda dengan asuransi konvensional yang memberlakukan transfer of risk dari pemegang polis kepada perusahaan.

Nyatanya, para peminat prinsip syariah nggak melulu tertarik karena alasan agama, lho. Menurut data dari infobanknews.com, hanya 30% peminat yang memilih berdasarkan sentimen agama, sisanya justru merasa produk syariah lebih tepat untuk mendukung perencanaan keuangan mereka.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life