DCSIMG

How To Be Happy

Tips Menjaga Hubungan dengan Anak di Era Digital

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_169912577

Perkembangan dunia digital memengaruhi berbagai aspek kehidupan, nggak terkecuali kehidupan anak. Nah, sebagai orangtua, bagaimana sih cara terbaik untuk tetap bisa mengawasi anak-anak tanpa harus memberi tekanan dan menggurui?

Posisikan diri sebagai teman

Teuku Zacky, selaku pekerja seni dan ayah dari 2 orang anak, berbagi tips untuk menjaga hubungan dengan anak di era digital dalam acara Sun Life Edufair—pameran pendidikan ini diadakan pada 28–31 Januari 2016 di Main Atrium Senayan City. “Posisikan diri sebagai teman. Jika kita mau anak bercerita secara terbuka, maka sebisa mungkin hindari mengintimidasinya, dalam hal apa pun,” tutur Zacky. Pastikan si kecil merasa senyaman mungkin sehingga ia bisa bercerita padamu layaknya sedang bercerita dengan teman sebayanya untuk menghindarinya bercerita kepada teman lewat aplikasi chatting atau curhat di media sosial.

Hindari sikap judgmental

Hindari sikap-sikap yang membuat anak justru kapok bercerita kepadamu, misalnya, ketika anak bercerita tentang pacarnya di sekolah—walaupun kenyataannya kamu terkejut mendengar cerita ini—sebaiknya kamu memberikan respons sewajar mungkin, bukannya berlebihan. Hindari juga sikap menghakimi terhadap tindakan yang mereka lakukan.

Terapkan sistem reward and punishment

Untuk menciptakan kedisiplinan dalam keluarga, mau nggak mau kamu harus membuat peraturan di rumah. Namun dengan catatan, saat memberi anak hukuman, berikanlah hukuman yang wajar dan ajarkan pada anak untuk belajar mengambil hikmah dari tiap hukuman yang diberikan. Selain itu, jangan lupa untuk mengapresiasi keberhasilan anak atau kedisiplinannya.

Buat kesepakatan tentang waktu bersama tanpa gadget

Cobalah membuat kesepakatan bersama keluarga mengenai waktu keluarga tanpa gadget. Misalnya, saat makan atau ketika berangkat sekolah bersama, ajak anak meletakkan gadget sementara waktu dan ganti aktivitas mereka dengan bercerita. Saat meminta anak untuk dispilin, maka kamu dan pasangan pun harus ikut mematuhi peraturan yang telah disepakati.

Nah, Bright Friends, dari beberapa tips di atas, mana yang paling mudah diterapkan dalam keluargamu?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life