DCSIMG

How To Be Happy

Kentang Sebabkan Diabetes pada Wanita Hamil. Mitos atau Fakta?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_203943361Sering mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, Amerika Serikat, menyarankan perempuan yang berencana untuk hamil maupun sedang hamil mengganti kentang dengan sayuran atau kacang-kacangan yang bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Walaupun kentang merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik dibandingkan nasi putih, nyatanya kentang justru memicu rasa ingin makan terus-menerus.

Kandungan pati pada kentang kurang baik bagi tubuh karena memengaruhi metabolisme glukosa. Inilah yang menyebabkan peluang diabetes gestasional (diabetes pada perempuan hamil) meningkat jika mereka sering mengonsumsi kentang. Nantinya, diabetes gestasional bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan dan tentu mengganggu kesehatan bayi dan ibu dalam jangka panjang. Kelahiran premature adalah salah satu dampaknya, Bright Friends.

Penelitian dari Institut Eunice Kennedy Shriver dan Universitas Harvard selama 10 tahun (selesai pada 2001) menemukan fakta bahwa dari 21.693 kehamilan tunggal, 854 di antaranya menderita diabetes gestasional dikarenakan kerap mengonsumsi kentang dan makanan sejenis yang mengganggu metabolisme glukosa.

Jadi, mulai sekarang kurangi kentang, ganti dengan sumber karbohidrat lain yang kaya serat ya Bright Friends, seperti beras cokelat dan gandum. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life