DCSIMG

How To Be Wealthy

Yuk, Cari Tahu Perhitungan Bunga pada Rekening Tabunganmu

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Ada berapa banyak rekening tabungan yang kamu punya? Coba cek deretan kartu ATM dalam dompetmu. Umumnya, seseorang memiliki kartu ATM lebih dari satu. Benar?

shutterstock_239074681Jenis tabungan yang ditawarkan oleh setiap bank beragam. Ada tabungan berjangka, tabungan biasa, hingga tabungan umroh. Masing-masing tabungan pun memiliki tujuan berbeda, tabungan umroh misalnya. Tabungan jenis ini dibuka oleh mereka yang ingin mencicil biaya umroh agar bisa mengalokasikan dana bulanan secara disiplin ke dalam pos tersebut.

Beda jenis tabungan, beda pula penghitungan bunganya. Menurut perencana keuangan Prita Ghozie dalam futuready.com, kebijakan bunga tabungan di bank akan dipengaruhi pilihan metode perhitungan bunga atas saldo rekening nasabah dan BI rate dari Bank Indonesia. Di Indonesia, biasanya bank menggunakan tiga jenis metode penghitungan bunga harian seperti berikut.

Metode berdasarkan saldo terendah

Metode ini menghitung penghasilan bunga dalam satu bulan berdasarkan saldo terendah pada bulan tersebut. Dengan penghitungan seperti ini, maka bunga yang diterima oleh pemilik tabungan lebih kecil jika dibandingkan dengan metode penghitungan bunga lainnya.

Metode berdasarkan saldo rata-rata

Metode ini menghitung bunga dalam satu bulan berjalan berdasarkan saldo rata-rata. Cara menghitung saldo rata-rata adalah jumlah saldo akhir tabungan setiap hari dalam bulan berjalan, dibagi dengan jumlah hari dalam bulan tersebut.

Metode berdasarkan saldo harian

Metode ini menghitung penghasilan bunga berjalan dengan cara menjumlahkan hasil penghitungan bunga setiap hari. Dengan metode ini, pemilik tabungan sama saja mendapatkan penghasilan bunga setiap hari selama 30 hari. Kemudian, di akhir bulan jumlah penghasilan bunga akan diberikan kepada nasabah dalam bentuk penghasilan bunga dalam rekening tabungan.

Dari ketiga jenis penghitungan bunga tabungan ini, apakah kamu bisa mengetahui tipe apa yang diterapkan pada tabunganmu, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life