DCSIMG

Inspiring Story

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Wawancara Kerja

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Proses wawancara kerja bisa jadi momen menegangkan, terlebih bagi mereka yang sangat mendambakan pekerjaan tersebut. Hati-hati ya, perasaan ini bisa mematikan langkahmu sendiri. Karena itu, persiapkan beberapa hal berikut agar kamu lebih tenang dan nyaman menghadapi satu langkah besar dalam hidupmu ini.

shutterstock_256056607Print out petunjuk arah

Zaman memang sudah serbacanggih sehingga kamu bisa mencari arah jalan hanya dengan sekali sentuh layar gadget. Namun bukan nggak mungkin gadget memberikan info keliru atau tiba-tiba nggak berfungsi. “Apa pun kendaraan yang kamu pilih, pastikan membawa petunjuk arah yang jelas,” saran Liz Ryan, CEO Human Workplace, melalui forbes.com. Ia juga menyarankanmu untuk mengecek lokasi wawancara maksimal sehari sebelumnya supaya bisa memperkirakan waktu tempuh dari tempat tinggalmu.

Print out CV, resume, dan portofolio

CV, resume, dan portofolio umumnya dikirimkan ke pihak perusahaan saat melamar kerja. Namun saat proses wawancara perusahaan tetap ingin membacanya secara langsung. Ada beberapa perusahaan yang sudah menyiapkan materi tersebut, tapi ada juga yang mengharapkan calon karyawan mempersiapkannya sendiri. Jadi, nggak ada salahnya membawa “perlengkapan perang” supaya tampil lebih percaya diri dan profesional.

Kertas dan pulpen

Mencatat beberapa hal penting saat wawancara sah-sah saja, karena itu ingat untuk selalu membawa alat tulis dan juga kertas. Namun fokus utamamu adalah mendengarkan apa yang diutarakan pewawancara dengan baik. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan kontak mata dengan orang yang mengajakmu berbincang untuk menjaga sopan santun.

Siapkan beberapa pertanyaan cerdas

Saat proses wawancara, terkadang ketika calon karyawan dihadapkan pada pertanyaan, “Ada yang ingin ditanyakan?” mereka pilih diam. Namun pada kesempatan ini kamu bisa menonjolkan diri dengan mengajukan beberapa pertanyaan cerdas terkait perusahaan dan juga pekerjaanmu kepada manajer HRD. Pertanyaan yang kamu ajukan seputar perusahaan menandakan kamu tertarik dan sudah mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life