DCSIMG

Inspiring Story

Kesan Terpenting Saat Pertemuan Pertama

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_148109996Nggak bisa dipungkiri bahwa kesan pertama sangat menentukan bagaimana hubunganmu dengan seseorang di masa depan. Nah, apa sih yang sebenarnya ada di pikiran orang ketika bertemu dengan sosok baru untuk pertama kalinya?

Seorang profesor dari Harvard Business School, Amy Cuddy, melakukan penelitian selama 15 tahun bersama dua orang psikolog, Susan Fiske dan Peter Glick. Mereka menyimpulkan bahwa saat kali pertama bertemu dengan orang baru, maka seseorang akan langsung berpikir, dapatkah saya mempercayai orang ini? Apakah saya harus menghormatinya? Menurut mereka, kesan hangat (dipercaya) dan kompetensi yang ditimbulkan sangat menentukan penillaian seseorang terhadap kita.

Namun biasanya yang terjadi di lingkungan profesional berbeda. Perusahaan akan lebih mementingkan kualitas pekerja atau dengan kata lain menilai kompetensi seseorang sehingga mengabaikan hal yang lebih penting. Ya, menilai kesan hangat dan kepercayaan seseorang jauh lebih penting dalam konteks apa pun. “Di luar kompetensi, bagi saya sangat penting mengetahui apakah orang yang saya temui bisa dipercaya atau nggak,” ungkap Amy. Baginya, justru dalam hal karier penting untuk mengetahui apakah rekan kerja bisa dipercaya atau malah berpotensi menjadi musuh dalam selimut. Bukan berarti faktor kompetensi nggak perlu diperhatikan. Hal tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan setelah orang baru terbukti dapat dipercaya.

Bagaimana dengan Bright Friends, lebih penting menilai faktor yang manakah saat pertama kali bertemu dengan seseorang?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life