DCSIMG

How To Be Happy

Ingin Tahu Seseorang Sedang Berbohong atau Tidak? Ini Kuncinya!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Bukan sekadar lawan bicara enggan menatap matamu saat sedang berbicara, masih ada banyak tanda yang bisa jadi indikator bahwa ia sedang berbohong. Seorang pakar psikolog menyarankanmu untuk lebih memerhatikan bahasa tubuh dan cara lawan bicara berkomunikasi.

shutterstock_264869639Dalam buku terbarunya, Presence, psikolog Harvard Amy Cuddy menuliskan bahwa untuk mengetahui saat lawan bicara nggak jujur, kamu bisa melihat dari berbagai aspek, seperti caranya berkomunikasi—meliputi mimik wajah, postur tubuh, dan bahasa. Biasanya, antara postur tubuh dengan apa yang diucapkan nggak sinkron. Ini terjadi akibat adanya konflik emosi. Yang paling mudah adalah saat seseorang menyampaikan kabar dengan nada gembira tetapi justru menunjukkan mimik wajah sedih.

Berbohong bukanlah hal mudah bagi tiap orang, kata Amy. “Saat sedang berbohong, biasanya kamu akan mengatakan suatu hal yang bisa menekan lawan bicara, yang secara psikologis akan membuatmu merasa bersalah. Dan sayangnya, manusia nggak punya kemampuan otak untuk mengatur perasaan itu sehingga akan memberikan sinyal kepada lawan bicara saat ia tengah berbohong,” tambahnya.

Amy menyayangkan bahwa kebanyakan orang saat ini hanya terfokus pada isi pembicaraan tanpa memperhatikan faktor pendukung tersebut, padahal dalam komunikasi keduanya saling memengaruhi. Jadi, sekarang kamu bisa mengetahui kan saat seseorang bicara jujur dan kapan saat ia berbohong? Cukup perhatikan mimik wajah, postur tubuh, dan bahasanya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life