DCSIMG

How To Be Healthy

Bagaimana Teknologi Memengaruhi Kesehatanmu?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Teknologi merasuki setiap jengkal kehidupan kita, mulai dari urusan pekerjaan, anak, rumah tangga, hingga dapur. Lalu, seberapa jauh teknologi memengaruhi kesehatanmu? Perkembangan teknologi memberikan dampak yang positif, atau malah membuat kondisi kesehatan tubuh menurun?

shutterstock_262707623Pada awal 2011, seorang peneliti melakukan riset untuk mengetahui penyebab dan cara penyebaran virus flu, dan menemukan Situs Clorox’s new Cold and Flu Pulse menggunakan Twitter dan Facebook untuk menginformasikan kepada pembaca tips bagaimana agar terhindar dari flu. Banyak lagi situs dan perusahaan yang mengangkat kesehatan sebagai topik bahasan di media sosial. Beragam informasi pun tersebar bebas tanpa data dan belum terjamin kebenarannya.

Tak hanya itu, teknologi pun mengubah cara komunikasi antara pasien dengan dokter, dan dokter dengan dokter. Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa 37% dokter berkomunikasi dengan pasien lewat telepon, video chat, atau sms. Apa yang kemudian menjadikan tren komunikasi seperti ini berbahaya? “Pasien menggunakan komunikasi elektronik untuk mendapatkan diagnosis atau meminta dari dokter,” kata Ralph Rogers, MD, Ph.D., dokter olahraga serta ahli telemedicine dan kesehatan digital. Diagnosis ini bisa saja kurang tepat, sehingga pemberian obat pun berpeluang kurang tepat. Karena itulah, untuk urusan kesehatan, nggak semua teknologi cocok diaplikasikan.

Jika memang ingin berkonsultasi dengan dokter, lebih baik bertatap muka agar hasil diagnosis lebih akurat. Dan jika selama ini terbiasa mencari informasi kesehatan melalui bermacam situs, jangan mudah percaya pada apa yang tertulis, bandingkan juga dari banyak sumber agar informasi yang kamu dapat valid.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life