DCSIMG

Inspiring Story

Bolehkah Perusahaan Menurunkan Gaji Karyawan?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_36327256

Apa kamu pernah mengalami penurunan gaji? Atau, pertanyaan sederhananya, memang bisa ya perusahaan menurunkan gaji karyawan?

Ini jawabannya. Nominal gaji yang diterima oleh karyawan tercantum dalam surat perjanjian kerja yang telah disepakati dengan perusahaan. Jadi, perusahaan nggak bisa begitu saja menurunkan gaji tanpa adanya persetujuan dari karyawan yang bersangkutan, apalagi tanpa pemberitahuan. Apabila hal ini diabaikan, perusahaan sama saja melakukan pelanggaran wanprestasi, dan karyawan berhak memperkarakan berbekal surat perjanjian kerja yang ditandatangani kedua belah pihak di atas materai.

Nah, kalaupun perusahaan melakukan pengurangan gaji, biasanya dilakukan dari uang makan atau transportasi. Itupun nggak boleh lebih dari 50% gaji karyawan. Pemotongan tersebut dilakukan jika karyawan nggak masuk kerja. Peraturan soal pemotongan uang makan yang berhubungan dengan ketidakhadiran karyawan diatur dalam Pasal 24 Ayat [1] jo Ayat [2] PP 8/1981 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Itulah mengapa mulai sekarang ada baiknya kamu memeriksa kembali secara detail isi surat perjanjian kerja. Bukannya berburuk sangka pada perusahaan, melainkan dibutuhkan antisipasi untuk menghindari terjadinya hal buruk dalam perjalanan kariermu.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life