DCSIMG

How To Be Wealthy

Trik Sukses Menawar Barang

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_172368767Tawar-menawar wajib dilakukan saat kamu melakukan transaksi di pasar tradisional. Ini trik-nya.

Survei harga terlebih dulu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek harga barang di pasaran. Jadi, kalau penjual memberikan harga terlalu tinggi, kamu bisa langsung menawar sesuai atau di bawah harga pasaran.

Bersikap ramah

Saat melakukan tawar-menawar, jangan sok tahu dan ngotot karena justru membuat penjual jengkel. Senyum manis dan tutur kata yang sopan ampuh meluluhkan penjual sehingga memberikan harga yang kamu minta. Kamu juga bisa menyisipkan canda agar proses tawar-menawar nggak membuat penjual merasa tertekan.

Sesuaikan bahasa

Cara lain untuk bisa sukses mendapatkan harga murah adalah dengan mengetahui bahasa lokal. Sudah jadi rahasia umum bahwa penjual akan memberikan harga murah kepada calon pembeli yang asal daerahnya sama dengannya.

Tawar setengah harga

Meski kamu bebas menawar, tetap memakai logika, ya. Triknya, tawarlah setengah harga dan biasanya dari situ kamu bisa mulai bernegosiasi dengan penjual dan mendapatkan potongan harga sebesar 20% hingga 40% dari harga awal. Lumayan, bukan?

Pura-pura nggak butuh

Meski barang incaran sudah lama diidamkan, tetaplah bersikap santai. Biasanya, penjual memiliki insting kalau calon pembeli sangat menginginkan barang dagangannya sehingga harga nggak diturunkan. Tunjukkan saja bahwa kamu serius, tetapi nggak akan membeli jika harga barang tersebut kurang cocok.

Jual mahal

Taktik jual mahal ini merupakan cara terakhir untuk mendapatkan harga barang sesuai keinginan. Ketika tawar-menawar sudah berjalan lama tetapi nggak juga ada titik temunya, tinggalkan saja si penjual. Jika beruntung, kamu akan dipanggil kembali oleh pedagang.

Selamat mempraktikkan!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life