DCSIMG

How To Be Wealthy

Tak Perlu Antre, Pencairan Dana BPJSTK Lebih Mudah via Online

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Kebijakan Pemerintah soal pencairan dana Badan Penyelenggara Jaminan Kesejahteraan Tenaga Kerja (BPJSTK) atau yang dulu bernama Jamsostek, beberapa lalu sempat menuai pro dan kontra. Namun, sejak September lalu, para karyawan yang sudah nggak bekerja lebih dari satu bulan sudah diperbolehkanmelakukan pencairan dana penuh. Tentu ini menjadi kabar bahagia, terutama untukmu yang berencana membuka bisnis. Dana BPJSTK yang “ditabung” selama masa kerja akan sangat bermanfaat.

shutterstock_165022655Sayang, banyak orang mengeluhkan proses pencairan tersebut, mulai dari ribetnya prosedur hingga harus datang sejak subuh ke kantor BPJSTK terdekat untuk mendapatkan pelayanan. Solusi untuk urusan yang satu ini adalah klaim via online. Kamu nggak perlu antre sejak subuh untuk mengambil nomor antrean. Untuk mengurusnya, siapkan hasil scan beberapa dokumen, yakni buku tabungan, kartu keluarga, kartu Jamsostek (BPJSTK), KTP, dan surat berhenti kerja dari perusahaan atau surat PHK.

Langkah selanjutnya,kunjungi website BPJSTK dan buatlah akun. Dengan akun tersebut, kamu bisa mengecek saldo dan mengklaim dana BPJSTK. Pilihlah menu e-klaim dan ikuti langkah yang diminta. Usahakan internet stabil karena kamu harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah proses selesai, kamu akan menerima e-mail notifikasi dari pihak BPJSTK. Kamu harus datang ke kantor cabang BPJSTK terdekat untuk proses selanjutnya, maksimal H+7 setelah e-mail konfirmasi diterima.

Nggak perlu khawatir antre panjang. Untuk proses e-klaim, BPJSTK menyediakan loket antrean khusus. Saat datang ke kantor cabang terdekat, jangan lupa membawa fotokopi dan juga dokumen asli yang diperlukan. Sertakan juga print out e-mail pemberitahuan dari BPJSTK yang kamu terima. Jika untuk proses manual banyak orang mengeluh karena memakan waktu seharian, maka dalam proses e-klaim ini kamu memerlukan waktu sekitar 1 jam saja, Bright Friends.

Singkat dan praktis, bukan? Yuk, sebarkan juga informasi ini pada kerabatmu. Selamat mencoba.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life