DCSIMG

How To Be Wealthy

Mana Pilihan Terbaik, Investasi di Saham Syariah atau Konvensional?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Investasi apa yang sebaiknya dipilih? Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk berinvestasi membuat berbagai lembaga menyediakan beragam pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan tujuan keuangan. Salah satu produk yang banyak diminati untuk berinvestasi dalam jangka panjang adalah saham, baik syariah maupun konvensional. Lantas, mana yang paling baik untukmu?

shutterstock_314301665Menurut Prita Hapsari Ghozie—perencana keuangan ZAP Finance—dalam laman finance.detik.com,pada dasarnyainvestasi syariah maupun konvensional sama. Namun tentu ada tetap ada perbedaan prinsip. Saham-saham syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI) tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) dan Indonesia Sharia Stock Index (ISSI). Pastinya, saham-saham tersebut sudah sesuai dengan Fatwa No. 80 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanime Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek yang dikeluarkan oleh DSN-MUI.

Saham syariah nggak mengenal sistem bunga (riba) seperti yang ada pada sistem saham konvensional, tetapimenggunakansistem bagi hasil. Biasanya, pada saat akad, investor dan emiten sudah membuat kesepakatan mengenai sistem bagi hasil yang akan diterapkan. Hal ini sangat berbeda dengan saham konvensional yang menerapkan sistem bunga stabil sehingga jika dilihat dari segi keuntungan akan lebih besar dari keuntungan saham syariah.

Namun tentu pada akhirnya keputusan berada di tanganmu. Kamu bisa memilih produk yang paling sesuai dengan tujuan sekaligus prinsip keuangan pribadi. Syariah ataupun konvensional, keduanya tentu mampu membantu “mengamankan” masa depanmu dan keluarga. Setuju?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life