DCSIMG

How To Be Healthy

Kentut Berbau seperti Telur Busuk? Bersyukurlah!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_81931069

Bau kentut bisa menjadi tolak ukur kondisi kesehatanmu, Bright Friends. Asal, jangan sampai kamu kelepasan buang angin di tempat umum, ya.

Sebagian di antara kamu pasti ada yang memiliki aroma kentut layaknya telur busuk. Kalau sudah kayak gini, kamu bakal susah untuk buang angin di tempat umum. Namun tahukah kalau angin yang keluar melalui kentut adalah campuran gas yang masuk dari proses makan dan juga gas yang dihasilkan oleh bakteri dalam pencernaan? Bakteri baik dalam pencernaan menghasilkan gas untuk memecah gula yang sulit dicerna oleh tubuh.

Proses inilah yang kemudian menghasilkan kelebihan gas yang harus dibuang, salah satunya melalui kentut. Dalam sehari, orang bisa buang angin hingga 18 kali. Sebanyak satu persen gas yang harus dibuang melalui kentut memiliki bau. Biasanya, bau dihasilkan dari proses pencernaan yang menggunakan hydrogen sulfide. Hydrogen sulfide digunakan untuk memecah bahan makanan yang mengandung sulfur, daging merah, dan kembang kol, misalnya. Mereka yang sedang menjalani diet tinggi serat sangat berpotensi menghasilkan kentut dengan bau telur busuk.

Kentut yang beraroma seperti telur busuk juga menjadi tanda bahwa kamu cukup mengonsumsi serat dan makanan sehat. Namun kentut berbau juga menjadi tanda bahwa pencernaanmu intoleran terhadap laktosa (zat yang terdapat dalam susu). Coba perhatikan reaksi perutmu, jika terjadi gejolak setelah kamu minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, bisa jadi kamu intoleransi laktosa.

Mulai sekarang, coba lebih peka terhadap aroma dan reaksi tubuh saat buang angin, dari sana kamu bisa mengetahui tubuhmu sehat atau sedang nggak fit.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life