DCSIMG

How To Be Happy

Wajib Tahu, Mitos Seputar Pil KB

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_212848924Vannesa Cullins, M.D., seorang ahli kandungan, menjelaskan mitos yang kerap menempel pada pil KB. Benarkah pil ini dapat menyebabkan kanker payudara? Ternyata, ini hanyalah mitos, Bright Friends. Pengonsumsian pil KB oleh para perempuan biasanya berdasarkan pada resep dokter dengan kandungan esterogen rendah atau rata-rata, sehingga masih aman untuk kesehatan, dengan kata lain nggak akan memicu kanker payudara.

Bukan cuma isu kanker payudara, banyak perempuan yang juga beranggapan bahwa pil KB dapat merusak siklus bulanan. Dr. Colleen Krajewski, M.D., seorang ginekolog, sekaligus penasihat The National Campaign to Prevent Teen and Unplanned Pregnancy menjelaskannya. Sebenarnya, pil KB sama sekali nggak mengacaukan siklus menstruasi. Pil ini justru membuat hormon esterogen dan progesterone dalam tubuh seimbang. “Ketika menstruasi, hormon esterogen dan progesterone akan mengalami fluktuasi yang sangat ekstrem. Nah, pil KB malah membuatnya seimbang,” ungkap Dr. Krajewski.

Lalu, adakah orang yang pernah menyarankanmu untuk nggak meminum pil KB saat sedang menyusui? Nyatanya, pendapat tersebut keliru. Mary Jane Minkin, M.D., seorang profesor obgyn di Fakultas Kedokteran Yale University School, mengatakan kalau perempuan bisa mengalami ovulasi saat sedang menyusui. Mengonsumsi pil KB pada masa menyusui akan mencegahmu mengalami kehamilan yang nggak direncanakan.

Kamu bisa terus mengonsumsi pil KB untuk merencanakan program momongan bersama pasangan. Jika usia anak sudah siap untuk memiliki adik, kamu baru bisa berhenti mengonsumsinya. Umumnya, butuh waktu selama 6 hingga 9 bulan bagi tubuh untuk mengembalikan masa suburmu. Jangan khawatir, pil KB nggak akan mengacaukan masa subur, kok.

Masih ragu? Ada baiknya kamu mengonsultasikannya dengan dokter kandungan ketimbang terus menerka-nerka atau mempercayai mitos menyesatkan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life