DCSIMG

How To Be Wealthy

Kapan Sebaiknya Anak Mulai Sekolah?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Ada orangtua yang memasukkan anak ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)—atau pre-schoolsejak si kecil berumur 4 tahun. Ada pula orangtua yang memilih langsung memasukkan anak ke Taman Kanak-kanak (TK). Semua metode bisa kamu dan pasangan pilih, sesuai dengan kesepakatan bersama. Namun sebenarnya haruskah si kecil diikutsertakan dalam kelompok bermain sebelum memasuki usia sekolah?

shutterstock_252108907Anna Surti Ariani, S.Psi., dalam situs ayahbunda.co.id, mengatakan kalau hal tersebut bukanlah keharusan. “Jika orangtua dan pengasuh mampu menerapkan pola asuh yang tepat, maka anak nggak diharuskan untuk masuk sekolah sebelum berusia 4 tahun,” ujar Anna. Namun jika orangtua belum bisa sepenuhnya melepaskan anak pada pengasuh, maka bisa saja mengikutsertakan anak ke dalam kelompok bermain, dengan catatan nggak boleh ada unsur paksaan dari orangtua kepada anak.

Untuk mempersiapkan pendidikan anak yang tepat sejak ia kanak-kanak hingga dewasa, tentu diperlukan biaya yang nggak sedikit, belum lagi inflasi tahunan yang sudah pasti memengaruhi biaya pendidikan. Karena itulah, tiap orangtua dianjurkan memiliki asuransi pendidikan untuk memastikan nggak ada yang menghalangi anak mendapatkan pendidikan layak hingga mereka berada di jenjang perguruan tinggi—sekalipun kesulitan keuangan melanda keluarga kecilmu.

Dengan asuransi pendidikan, beban biaya yang harus kamu keluarkan untuk si kecil pun akan lebih ringan karena dana pendidikan akan dikeluarkan tiap si kecil membutuhkannya. Cukup sisihkan 5 hingga 10% dari penghasilanmu untuk asuransi pendidikan. Jika pendapatan rumah tanggamu setiap bulan ada di kisaran Rp10.000.000,-, kamu hanya perlu memanfaatkan Rp500.000,- untuk jaminan pendidikan anak. Asuransi juga akan menghilangkan kekhawatiran ketika si pencari nafkah utama sudah nggak bekerja. Kamu nggak lagi diharuskan membayar premi dengan keuntungan dana asuransi akan tetap keluar sesuai dengan kesepakatanmu dan perusahaan asuransi.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life