DCSIMG

How To Be Wealthy

Sudah Benarkah Alokasi Keuangan Bulananmu?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Berapa persen penghasilan yang kamu alokasikan untuk membayar utang setiap bulan? Jangan-jangan, pengeluaran untuk menutup utang lebih besar dibandingkan biaya rutin bulanan? Sudah cukup sehat atau belumkah keuanganmu, bisa langsung dicek melalui persentase alokasi pengeluaran perbulan ini.

shutterstock_234374653Pengeluaran rutin

Pengeluaran rutin—mulai dari belanja bulanan, biaya transportasi, hingga melunasi tagihan listrik dan—tentu nggak bisa dihindari lagi. Biasanya, besaran pengeluaran rutin berbeda pada tiap keluarga, tetapi yang ideal ada di kisaran 40–70% dari penghasilan.

Kewajiban keuangan

Kewajiban keuangan alias utang nggak boleh lebih dari 30% dari total pemasukan tiap bulan. Jadi, kalau kamu ingin mengambil cicilan baru, sebaiknya selesaikan dulu kewajibanmu yang terdahulu. Ingat, 30% adalah angka maksimal agar keuanganmu tetap sehat.

Dana darurat

Dana darurat wajib dimiliki oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Dana ini khusus digunakan untuk hal-hal nggak terduga. Biasanya, alokasi pengeluaran bulanan untuk dana darurat yang ideal berkisar antara 5–10%.

Proteksi

Proteksi atau asuransi menjadi salah satu instrumen keuangan yang harus dimiliki. Alokasikan 10% pendapatanmu untuk proteksi. Setiap anggota keluarga sebaiknya dilindungi oleh asuransi kesehatan, kepala rumah tangga diberi proteksi tambahan berupa asuransi jiwa, sedangkan anak difasilitasi dengan asuransi pendidikan.

Investasi

Sudah mulai memikirkan hari tua? Itu artinya, kamu sudah wajib menyisihkan 10–15% penghasilan untuk berinvestasi. Pilih produk investasi yang paling sesuai dengan keuangan dan impianmu di masa depan.

AHMAD TOBRIpada

Terimakasih , artikelny sangat bermanfaat untuk saya

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life