DCSIMG

How To Be Happy

Selamatkan Sahabat yang Terjebak dalam Hubungan Penuh Kekerasan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_329886599Atas nama cinta dan demi menjaga privasi hidup, beberapa orang rela bungkam saat menjalani hubungan yang penuh dengan kekerasan. Jangan tinggal diam, saatnya kamu mengambil langkah untuk menyelamatkan mereka.

Buat dia menyadari keberadaanmu

Nggak perlu sungkan, beri tahu secara langsung kepada teman bahwa kamu akan selalu ada di sisinya dan membantunya melewati masa-masa sulit. Brian Namey dari National Network to End Domestic Violence (NNEDV) mengatakan bahwa pelaku kekerasan biasanya menginginkan korban mereka merasa terpuruk dan terisolasi. Karena itu, masuklah secara perlahan ke kehidupan temanmu dan berikan dukungan agar dia nggak merasa sendirian.

Jangan menghakimi

Salah satu alasan yang membuat korban kekerasan enggan bercerita adalah karena mereka nggak siap menerima sikap menghakimi dari orang-orang sekitar. Berusahalah terlebih dahulu untuk mendapatkan kepercayaannya agar temanmu mau bercerita. Setelah itu, kamu bisa memberikan pandanganmu terhadap masalah yang ia hadapi tanpa terkesan menghakimi.

Berikan “senjata rahasia”

Tawarkan ia untuk menyimpan “senjata rahasia” kecil yang menjaganya tetap aman, seperti semprotan merica. Sarankan juga kepada temanmu agar ia menyimpan pakaian, sejumlah uang, surat-surat penting, dan kendaraan cadangan di tempat yang dianggapnya aman sebagai bekal pelarian.

Sabar dalam menghadapinya

Korban kekerasan dalam hubungan biasanya memiliki emosi yang nggak stabil. Sabarlah saat menghadapinya. Ingat, mereka butuh bantuan dan perlu untuk dikuatkan. Pastikan kamu selalu siap sedia untuknya. Siapkan juga kontak yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat. Terakhir, jangan sungkan mengajak sahabatmu berkonsultasi ke tenaga profesional , bahkan melapor ke pihak berwajib.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life