DCSIMG

How To Be Wealthy

Trik Mengajari Anak Soal Keuangan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_310698965

Jangan ragu memperkenalkan konsep keuangan pada anak, Bright Friends. Nggak perlu dengan cara yang sulit, cukup gunakan hal-hal kecil yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Sistem penghargaan

Kamu bisa memberikan penghargaan pada setiap inisiatif yang dilakukan si kecil. Misalnya, ketika ia mulai sadar menyisihkan uang jajannya untuk berbagi dengan sesama, kamu bisa memberikannya uang jajan ekstra sebagai bentuk dukungan pada kegiatannya.

Membiarkannya menghabiskan uang

Ini merupakan caramu untuk memberikan “pelajaran”. Biarkan ia menggunakan uang jajan sesukanya, bahkan hingga habis. Setelah itu, ia akan merasakan akibat jika menggunakan uang tanpa perhitungan. Dengan catatan, kamu dan pasangan harus kompak untuk nggak memberikan bantuan.

Usaha sebelum mendapatkan yang diinginkan

Ajarkan pada si kecil bahwa semua yang ia inginkan harus didapat dengan usaha. Misalnya, ketika ia menginginkan tas sekolah baru, kamu harus mengajarinya menabung uang jajan atau membuat kerajinan tangan yang bisa ia jual di sekolah. Ini sekaligus mengenalkannya pada konsep wirausaha.

Berikan pengertian

Terkadang, dengan alasan kasihan, para orangtua memberikan apa pun yang diinginkan anak. Padahal kamu dan pasangan harus berkomitmen untuk memberinya pengertian bahwa ada masanya orangtua nggak memiliki uang. Dengan begitu, anak sekaligus berlatih untuk sabar, hidup sederhana, dan mensyukuri apa yang dimilikinya saat ini.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life