DCSIMG

Inspiring Story

Bagaimana menjadi Seorang Pengambil Keputusan Andal?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_163223417

Setiap hari kita dihadapkan pada berbagai keputusan yang harus kita buat, baik dalam karier maupun semudah menentukan tempat untuk makan malam.

Terkadang, berada di posisi sebagai pengambil keputusan nggak selalu menyenangkan. Terlebih jika keputusan yang kamu ambil berdampak kurang menyenangkan bagi pihak-pihak tertentu. Barry Schwartz, seorang profesor di bidang psikologi dan penulis buku The Paradox of Choice, menjelaskan pernyataan tersebut.

“Hampir semua orang bingung dan nggak benar-benar tahu apa yang mereka inginkan,” ujar Barry. Ia mengatakan ada dua jenis pengambil keputusan, yakni mereka yang mengambil keputusan dengan mempertimbangkan manfaat (maximizer) dan mereka yang mempertimbangkan “rasa nggak enak” pada orang di sekitar (satisficer).

Biasanya, tipe maximizer nggak akan puas dengan keputusan yang berdampak sekadar cukup baik. Mereka selalu ingin mengambil keputusan yang terbaik dari yang ada. Untuk membantu mengambil keputusan terbaik, kamu bisa menguraikan pro dan kontra, serta skor pada setiap pilihan yang kamu hadapi. Dengan demikian, cara ini membantumu mengeliminasi pilihan lain dan mengerucutkan pada pilihan yang cenderung akan kamu pilih, terlebih jika ada lebih dari satu hal yang harus dipilih.

Selain mempertimbangkan rasa nggak enak dan manfaatnya, pertimbangkan juga faktor lain yang bisa mempengaruhi keputusanmu. Contohnya, hindari mengambil keputusan saat kondisi tubuh sedang tidak fit—kurang tidur atau perut kosong. Usahakan pula mengambil keputusan pada pagi hari setelah mendapatkan istirahat cukup.

Nah, kalau kamu sendiri, tipe pengambil keputusan maximizer atau satisficer, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life