DCSIMG

How To Be Healthy

Apa yang Terjadi pada Otak Saat Kita Jatuh Cinta?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Efek kecanduan yang ditimbulkan oleh rasa cinta sama seperti ketika seseorang kecanduan heroin. Memangnya, apa sih yang dilakukan cinta pada otak kita?

shutterstock_100605952Hilang akal, tiba-tiba menjadi selalu bersemangat, dan nggak berpikir panjang saat si dia memintamu untuk melakukan sesuatu. Seenggaknya, itulah yang biasanya dilakukan oleh banyak orang ketika jatuh cinta. Psikolog JoAnn Deak mengatakan bahwa proses kimia yang terjadi di otak pada orang yang sedang jatuh cinta sama seperti seseorang yang sedang mabuk karena heroin. Proses kimia di otak yang dimaksud oleh JoAnn adalah proses pelepasan dopamine. Kekurangan dan kelebihan dopamine nggak berdampak baik bagi tubuh, efek kecanduan adalah salah satunya.

Efek kecanduan tersebut yang akhirnya membuat jatuh cinta disamakan dengan penggunaan obat terlarang. Bahkan para peneliti menyebut cinta sebagai “zat adiksi alami” karena cinta membuat kita “kecanduan”, dengan kata lain merasa kacau saat berjauhan dari si dia. Kita pun bisa menjadi mudah emosi karena nggak bisa mengendalikan rasa rindu. Benar, nggak?

Coba lihat, berapa banyak orang yang akhirnya menyakiti diri sendiri karena ditolak cintanya atau justru malah menyakiti si pasangan. So, Bright Friends, walaupun sedang kecanduan cinta, kita tetap harus bisa menjaga akal sehat dengan mengontrol perasaan tersebut, ya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life