DCSIMG

How To Be Wealthy

Tips Keuangan untuk Orangtua Baru

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Kehadiran si kecil pasti membawa kebahagiaan bagi para orangtua. Namun seiring dengan hadirnya anggota baru dalam keluarga, pengeluaran otomatis akan bertambah. Eits, jangan khawatir, kamu masih tetap bisa mengendalikannya cukup dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Pemasukan berkurang?

Saat memiliki bayi, nggak jarang salah satu pasangan memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan demi fokus merawat si kecil di rumah. Berita baiknya, saat ini cukup banyak pekerjaan lepasan yang memungkinkanmu untuk bekerja dari rumah sambil merawat anak. Setidaknya, dengan begini pendapatan keluarga nggak menurun secara drastis.

shutterstock_118950790Lacak pengeluaran

Jika sampai saat ini kamu masih belum tahu persis besar pengeluaran rumah tangga tiap bulan, coba melacaknya dengan hanya menggunakan satu kartu kredit atau debit khusus untuk pengeluaran harian. Dengan demikian, kamu tahu jumlah pengeluaran dan kebutuhan apa saja yang diperlukan. Langkah berikutnya, kamu bisa mulai mengatur strategi pos apa saja yang bisa ditekan untuk berhemat.

Cermat dan hemat saat belanja

Setelah melacak pengeluaran, saatnya kamu menyusun budget bulanan dengan rapi. Dengan begitu, kamu pun jadi lebih cermat dan hemat saat belanja. Membandingkan harga satu toko dengan toko lain pun bisa kamu coba. Dan, jangan lupa memanfaatkan fasilitas asuransi kantor untuk membantu mengurangi pengeluaran, misalnya untuk imunisasi si kecil. Kalau kamu memiliki asuransi kesehatan secara mandiri, itu jelas lebih baik. Artinya, tak perlu lagi khawatir soal biaya kesehatan keluarga.

Buat target!

Selain budget bulanan, cara lain agar kamu dan pasangan bisa mematuhi “perencanaan keuangan” yang sudah disepakati bersama adalah dengan membuat target dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, menargetkan dana pendidikan si kecil. Tulis target tersebut dan letakkan di tempat yang mudah terlihat supaya kalian bersemangat mewujudkan mimpi. Selamat mencoba, Bright Friends!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life