DCSIMG

Inspiring Story

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa dalam Menghadapi Dunia Kerja

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Para mahasiswa yang baru saja lulus dari kampus membutuhkan persiapan khusus agar dapat menyesuaikan diri dengan dunia baru mereka, dunia kerja. Selamat datang!

shutterstock_107202623

Mandiri secara finansial bukanlah hal mudah, dan inilah hal pertama yang harus dihadapi para lulusan universitas yang mulai menginjakkan kaki di kantor. Nah, para mahasiswa yang berkuliah sembari bekerja, bahkan membayar kuliah dari hasil kerja mereka sendiri, dinilai lebih mampu bertahan di dunia kerja setelah lulus dibandingkan mereka yang nggak pernah menjalani kerja paruh waktu.

Manajemen waktu

Cobalah mulai bekerja paruh waktu di tingkat akhir perkuliahan. Perlu diingat, ketika memutuskan kuliah sambil bekerja, waktumu bukan lagi hanya untuk masuk kelas. Kamu harus bisa menunjukkan performa yang baik pada kedua hal tersebut. Jika indeks prestasi tiba-tiba anjlok, maka risikonya adalah kelulusan yang tertunda, sementara jika pekerjaan yang nggak berjalan mulus, maka kamu akan diberhentikan. Konsekuensi inilah yang memacumu untuk berusaha lebih keras dan pantang menyerah.

Budaya kantor

Ingat, budaya kantor sama sekali berbeda dengan di kampus. Di kantor, kamu harus belajar bertutur dan bersikap dewasa. Setiap hal yang kamu lakukan memengaruhi kinerja dan nasib kariermu.

Performa

Saat bekerja, dirimu adalah cerminan pekerjaan dan kantor. Jadi, apa pun yang kamu lakukan, bersikaplah sebagai seorang karyawan profesional yang membawa nama baik kantor, bukan lagi mahasiswa yang baru saja lulus dan sedang mencari jati diri. Dirimu adalah pekerjaanmu.

Pengaturan keuangan

Saat kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan. Tunjukkan kepada orangtua kalau kamu memang sudah bisa mengatur keuangan. Mulai pula menyisihkan sebagian gajimu untuk berinvestasi agar terbebas dari permasalahan keuangan di kemudian hari.

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja, Bright Friends?

syahputrapada

Kereja Sambil Kuliah itu adalah tantangan Seseorng yang mau sekses, kenapa ? karena orang yang seperti itu pasti mengalami yang namanya hidup di bawah Tekanan…
My Life For God..

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life