DCSIMG

How To Be Wealthy

Yuk, Buat Perencanaan Biaya Kehamilan, Persalinan, dan Pasca-persalinan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_212145685

Ya, biaya yang diperlukan selama kehamilan, persalinan, hingga pasca-persalinan nggak sedikit. Mari ajak pasangan duduk bersama untuk membuat perencanaan keuangan yang matang, jangan sampai kebahagiaan ini menjadi beban (keuangan) bagi keluarga kecilmu.

Bandingkan biaya pemeriksaan dan persalinan antar-rumah sakit

Sambil mencari dokter yang akan menanganimu atau pasangan, bandingkan harga pemeriksaan dan persalinan di tiap rumah sakit. Setelah menemukan yang cocok, usahakan jangan berganti-ganti dokter dan rumah sakit supaya dokter yang menangani tahu persis riwayat kesehatanmu.

Buat budget check-up bulanan

Biaya pemeriksaan bulanan ini diperlukan sejak kehamilan minggu pertama hingga kehamilan akhir. Pemeriksaan ini mencakup biaya periksa dokter, USG, hingga obat-obatan dan vitamin.

Siapkan biaya melahirkan dan dana darurat persalinan

Siapkan juga dana darurat sebesar 30% dari perkiraan dana persalinan. Dana ini untuk meng-cover kelebihan pengeluaran yang sangat mungkin terjadi dalam proses persalinan. Kamu bisa memilih instrumen investasi sekaligus asuransi untuk mempersiapkan biaya persalinan dan dana darurat ini.

Pastikan biaya pascapersalinan dan pendidikan anak aman

Biaya pascapersalinan mencakup biaya imunisasi dan check-up rutin bulanan si kecil. Bagi kamu yang berencana “menyekolahkan” anak sejak balita, biaya pendidikan pun idealnya sudah direncanakan sejak jauh hari. Untuk persiapan dana pendidikan, kamu bisa memilih asuransi pendidikan sehingga saat si kecil siap sekolah, danamu pun siap digunakan. Jangan sampai impian buah hati terhambat gara-gara faktor ekonomi.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life