DCSIMG

How To Be Healthy

Waspada, Dewasa Muda Berpotensi Terserang Parkinson Dini

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_278186690Bukan hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut, parkinson nggak akan segan mengincar dewasa muda. Siapa saja yang berpotensi?

Parkinson merupakan penyakit yang menyerang saraf sehingga memengaruhi cara berjalan, berbicara, dan menulis seseorang. Umumnya, penyakit ini ditemukan pada mereka yang berumur 50 tahun ke atas. Namun bukan berarti mereka yang berusia di bawah 50 tahun bebas dari parkinson. Penyakit parkinson yang menyerang dewasa muda disebut early onset parkinson. Mereka yang terkena penyakit ini memiliki riwayat parkinson dalam keluarga atau—dilansir dari situs healthline.com—bisa pula akibat lingkungan dan kesehatan.

Ada dua gejala parkinson yang bisa kamu waspadai, berkaitan dengan saraf penggerak dan yang bukan. Tremor adalah gejala umum yang bisa dilihat pada orang yang terserang parkinson. Biasanya, tangan akan bergetar dan terkadang bergerak tanpa disadari. Kondisi ini kerap terjadi justru ketika tangan sedang nggak digerakkan. Perhatikan juga keseimbangan tubuhmu. Penderita parkinson akan sulit menyeimbangkan tubuh, baik dalam keadaan berdiri maupun sedang berjalan. Perubahan mood secara drastis dan gangguan tidur (insomnia) menjadi gejala nonmotorik yang juga bisa diwaspadai.

Lalu, bagaimana mencegah penyakit ini? Para pakar menyarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Jangan sampai kisah dalam film “Still Alice” benar-benar terjadi padamu, atau orang-orang di sekitarmu.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life